UKUI 3.1 Hadirkan Beberapa Perubahan Visual

Teknologi Sep 07, 2020

Masih ingatkah MedForians dengan Ubuntu Kylin 20.04 yang pernah kami ulas sebelumnya? Distro turunan Ubuntu yang membawa DE UKUI ini akan mendapatkan penyegaran dalam waktu dekat ini. Pasalnya, UKUI 3.1 akan hadir pada Ubuntu Kylin 20.10 yang akan rilis pada Oktober tahun ini. Selain pada Kylin, DE ini juga dapat diinstal pada Ubuntu seri lain, dengan catatan penerjemahan yang belum sebaik seri di luar Kylin.

Dilansir dari OMG! Ubuntu, UKUI 3.1 akan memiliki tampilan yang cukup berbeda ketimbang UKUI 3.0 yang pernah kami ulas sebelumnya. Salah satu poin pentingnya ialah penyegaran pada antarmuka yang membuatnya tidak begitu mirip dengan Windows 10, justru malah mirip Deepin, iPadOS atau bahkan ChromeOS. Pihak pengembang sendiri juga telah mengunggah "bocoran" tampilan baru UKUI 3.1 ini di kanal YouTube resmi milik mereka.

Perubahan itu tampak pada Peony, file manager bawaan UKUI, yang kini mempunyai tampilan yang enak dipandang ketimbang sebelumnya.

Taskbar nya pun kini mengusung desain floating dock yang semakin dipermanis dengan adanya light theme dan dark theme yang berbeda ketimbang sebelumnya. Taskbar nya sendiri dapat dibesarkan atau dikecilkan tergantung selera pengguna. Selain itu, pengguna juga dapat meletakkan taskbar yang melayang tersebut dimana saja, di kiri, kanan, atas, atau bawah. Perubahan juga tampak di bagian notification pane yang seolah mengingatkan kita pada desain notification shade yang ada di MIUI 10-11.

Selain perubahan secara visual, akan ada hal-lain yang akan hadir di UKUI 3.1 pada saat perilisannya nanti, menurut pengembang Kylin. Penasaran? Tunggu tanggal perilisannya.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.