Unik, Vivo Pamerkan Bodi Ponsel yang Bisa Ganti Warna!

Teknologi Sep 07, 2020

Coba kalian perhatikan pasar ponsel kali ini, biasanya vendor akan memberikan beberapa varian warna ponsel. Ada juga yang memberikan eksterior unik seperti lapisan emas dan hal-hal anti-mainstream lainnya.

Sekarang ini, salah satu perusahaan ponsel China akan mendobrak pintu inovasi dengan kemampuan yang biasanya ada di beberapa binatang dalam beradaptasi lingkungan.

Produsen ponsel Vivo mengklaim bahwa mereka sedang mengembangkan smartphone dengan panel belakang yang dapat berubah warna.

Tidak berubah asal-asalan, namun sesuai keinginan pemiliknya dengan teknologi panel elektrokromisme.

Berubah Warna dengan Elektrokromisme, Apa Itu?

Teknologi ini memungkinkan kaca bisa berubah warna berdasarkan arus tegangan listrik yang diberikan. Vivo menjelaskan hal tersebut melalui video yang diunggah di jejaring sosial Weibo.

Teknologi ini menggunakan dua lembar kaca dan dua lembar elektroda dengan film elektrokroatif di tengahnya, bersamaan dengan konduktor ion dan film penyimpan ion.

Ketika tegangan rendah diterapkan pada sebuah kaca yang menggunakan eletrokromisme, ion dapat mengubah konsistensinya. Kemudian ion juga dapat mengubah cahaya dan memancarkannya melalui film elektrokromatik, sehingga menciptakan warna yang berbeda-beda.

Sudah Dipakai di Kaca Mobil dan Bangunan

Kaca elektrokromatik sebenarnya bukan hal baru. Teknologi ini seringkali digunakan pada jendela mobil maupun bangunan. Vivo mengklaim bahwa Ini adalah teknologi berdaya rendah, sehingga tidak akan menguras baterai atau membuat ponsel cepat panas.

Karena teknologi elektrokromatik pada dasarnya adalah kaca transparan, ke depannya ponsel yang memiliki teknologi ini juga akan memiliki punggung yang tembus pandang, seperti Nubia Red Magic 5G dan Xiaomi Mi 10 Ultra.

Teknologi ini diduga disematkan pada smartphone Vivo S7 5G yang digunakan sebagai unit demo Vivo. Meskipun demikian, Vivo tetap tidak mengumumkan smartphone Vivo series apa yang akan mendapatkan teknologi unik ini.

Kabarnya, Vivo akan mengumumkan secara lengkap pada akhir minggu ini.


Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.