Wikipedia akan Rombak Total Situs Web Desktopnya

Teknologi Sep 25, 2020

Wikipedia, salah satu situs web yang sering dikunjungi di dunia, memiliki ribuan bahkan jutaan informasi dalam berbagai bahasa di dunia. Dikatakan bahwa ensiklopedia daring ini memiliki 53 juta artikel dalam 300 bahasa mulai dari bahasa yang umum digunakan hingga bahasa yang terancam punah. Setelah 10 tahun lamanya, akhirnya Wikipedia akan berubah wajah!

Dalam blog resminya, pihak Wikimedia sebagai induk dari Wikipedia mengatakan meskipun konten Wikipedia berkembang pesat, antarmuka situs tersebut tidak dapat mengimbangi pesatnya perkembangan tersebut. Pihak Wikimedia bangga bahwa situs Wikipedia lebih langsung, sederhana, dan bebas iklan daripada situs web lainnya. Namun, desain desktop Wikipedia dan proyek Wikimedia Foundation lainnya tidak mengalami perubahan substantif selama 10 tahun terakhir.

Wikimedia Foundation memulai proyek tahun jamak untuk meningkatkan web desktop Wikipedia. Sejak Mei 2019, mereka  telah bekerja untuk memperkuat antarmuka desktop Wikipedia - dengan fokus membawa konten ke garis depan, dan membuat situs lebih mudah dinavigasi. Tujuannya adalah untuk menciptakan pengalaman yang lebih ramah bagi semua orang yang mengunjungi situs tersebut.

Perubahan mendatang pada situs web desktop termasuk logo yang dikonfigurasi ulang, bilah sisi yang dapat diciutkan, daftar isi, dan banyak lagi. Kesemuanya dapat dilihat melalui tautan MediaWiki berikut. Jika proses sesuai dengan yang direncanakan, tampilan baru situs web ini akan hadir pada peringatan 20 tahun Wikipedia pada 2021 mendatang.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.