Android 11 Akhirnya Hentikan Dukungan untuk Google Daydream VR

Teknologi Okt 05, 2020

Jika sebuah teknologi dianggap sudah tidak sesuai dengan selera pasar atau pengguna, maka tidak ada alasan lain lagi dari developer untuk melanjutkan pengembangan dari alat tersebut.

Dukungan Dicabut

Seperti yang terjadi pada Google Daydream VR. Dilansir dari xdadevelopers melalui halaman website untuk dukungan berbagai aplikasinya, Google mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan dukungan Daydream VR. Sebagaimana tertulis dalam keterangan dari website mereka berikut ini.

Terima kasih telah menggunakan Daydream View. Aplikasi Daydream VR tidak lagi didukung oleh Google dan mungkin tidak berfungsi dengan baik di beberapa perangkat yang menjalankan Android 11 atau lebih baru. Banyak aplikasi dan pengalaman pihak ketiga dalam Daydream mungkin masih tersedia sebagai aplikasi mandiri di Google Play Store. Kami tidak berharap pengguna kehilangan informasi atau fungsi akun untuk aplikasi pihak ketiga karena Daydream tidak lagi didukung oleh Google.

Alat yang Berhenti Dirpoduksi

Sebelumnya, Google mengalami suatu masalah. Ponsel terbaru mereka pada saat itu yaitu Pixel 4 tidak mendukung aplikasi Daydream VR. Sehingga mereka menghentikan produksi dari hardware untuk aplikasi tersebut, yaitu Daydream VR Headset.

Saat itu, Google menjelaskan ada beberapa batasan dengan VR di ponsel. “Terutama, meminta orang untuk meletakkan ponsel mereka di headset dan kehilangan akses ke aplikasi yang mereka gunakan sepanjang hari menyebabkan gesekan besar,” kata Google.

Berfokus pada AR

Alih-alih berfokus pada VR, Google kini tengah mengarahkan pandangan pada AR (Augmented Reality). Terutama pada Live View untuk Google Maps dan update untuk ponsel terbaru sehingga dapat merasakan berbagai aplikasi dari Google Play yang tentunya memiliki fitur AR.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.