Facebook Messenger Ganti Ikon, Jadi Mirip Instagram

Teknologi Okt 16, 2020

Facebook baru saja meluncurkan logo baru dari Messenger, aplikasi chat milik perusahaan medsos terbesar di dunia tersebut.

Setelah beberapa minggu yang lalu Messenger mulai diintegrasikan ke Instagram dan menggantikan fitur Direct Message-nya, ikon Messenger diperbarui untuk menggambarkan integrasi ini.

Makin Mirip Instagram

Untuk bentuk ikonnya sendiri tidak mengalami banyak perubahan bahkan sejak Messenger pertama kali diluncurkan. Masih sama seperti sebelumnya, ikon tersebut masih berupa "chat bubble" dan gambar petir di dalamnya.

Satu-satunya hal yang berubah hanya warna yang digunakan. Tadinya ikon ini berwarna cyan yang sama seperti Facebook app, kini berubah menjadi gradien biru dan ungu, mirip seperti ikon Instagram.

Ikon tersebut sudah dapat terlihat di update terbaru baik di Play Store dan App Store.

Unifikasi Aplikasi Milik Facebook?

Seperti yang sudah kita ketahui, Facebook memiliki Facebook app, Messenger, Instagram, WhatsApp, dan aplikasi lain.

Facebook sudah lama menyatakan bahwa mereka ingin integrasi antar aplikasi milik mereka. Messenger digadang-gadang sebagai langkah besar pertama dari tujuan Facebook tersebut.

Banyak orang yang mengatakan perubahan ikon ini sudah sangat jelas tujuannya: Messenger menjadi penengah antara Facebook dan Instagram.

Dalam postingan blog-nya, Facebook mengatakan bahwa Messenger akan menjadi "masa depan" aplikasi pesan instan.

Logo baru ini mencerminkan pergeseran ke masa depan aplikasi perpesanan yang lebih dinamis, menyenangkan, dan terintegrasi untuk tetap terhubung dengan orang terdekat.

Tak hanya ikon baru dan integrasi dengan Instagram, Messenger juga memperkenalkan fitur-fitur baru seperti tema yang dapat dikustomisasi dan custom reactions. Messenger nantinya juga akan menghadirkan fitur stiker selfie, dan vanish mode.

Kedepannya, Messenger akan menjadi aplikasi chat yang terintegrasi untuk hardware milik Facebook lainnya, seperti Portal smart display, dan perangkat VR Oculus.

Dengan pembaruan ini tidak menutup kemungkinan aplikasi milik Facebook lainnya akan semakin terintegrasi satu sama lain.

Bagaimana? Apakah ikon baru ini oke menurutmu? Atau mungkin kamu tidak terlalu suka dengan ikon ini? Bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.