Google Play Music Resmi Dimatikan Mulai Hari Ini, Tidak Bisa Dipakai Lagi

Teknologi 23 Okt 2020

Setelah sekian lama pengguna Google Play Music diberitahu tentang rencana Google mematikan aplikasi tersebut, akhirnya "kematian"nya sudah terlihat jelas.

Dilansir dari Android Police, beberapa perangkat mulai hari ini tidak dapat mengakses aplikasi Google Play Music lagi.

Saat membuka aplikasi, pengguna akan disuguhi layar yang bertuliskan "Google Play Music is no longer available". Di layar tersebut tampak logo Play Music yang berubah menjadi YouTube Music.

Di bawah tampilan tersebut akan ada tombol Transfer ke YouTube Music dan Kelola Data. Data berupa lagu yang telah diunduh juga mau tidak mau harus dihapus dengan meng-uninstall aplikasi atau menghapus cache-nya. Tak hanya aplikasi saja, situs web music.google.com juga mengalami hal serupa.

Google sendiri memang berencana memindahkan pengguna Play Music ke YouTube Music sebagai satu-satunya layanan music streaming milik Google.

Layanan streaming musik dan podcast ini diperkenalkan pada 10 Mei 2011 dan diresmikan 16 November, 6 bulan setelah pengumuman dan proses tes beta.

Sebelum disuntik mati oleh Google, pengguna reguler dapat menyimpan dan mendengarkan 500 ribu musik dan podcast secara offline, sedangkan pengguna premium dapat mendengarkan 40 juta musik dan podcast secara online.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.