Microsoft Diam-Diam Luncurkan Surface Pro X Baru dan Surface Laptop Go

Teknologi Okt 02, 2020

Microsoft selalu meluncurkan perangkat Surface baru pada Microsoft Event setiap Oktober, dan tahun ini Microsoft mengambil waktu yang "sangat mepet" dengan Google Pixel Event. Dan layaknya Apple dan Google, Microsoft meluncurkan dua perangkat baru mereka secara virtual.

Dan bicara tentang tahun ini, belajar atau bekerja dari rumah memang dibutuhkan alat yang memadai. Microsoft memahami hal tersebut dengan menghadirkan dua perangkat terbaru mereka.

Memang, perangkat yang diperkenalkan tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya, namun tetap menarik diikuti. Apa saja perangkat Surface baru dari Microsoft bulan Oktober ini? Simak artikel berikut ini!

Surface Pro X

Microsoft kembali dengan Surface Pro X, tablet Surface dengan prosesor ARM. Tahun ini, Microsoft memperbarui prosesor yang digunakan tablet ini.

Surface Pro X gen 2 ini menggunakan prosesor Microsoft SQ2 hasil kerjasama dengan Qualcomm. Microsoft SQ2 didasari dari prosesor Snapdragon 8CX generasi kedua yang baru diumumkan beberapa saat lalu.

Secara keseluruhan desain, Surface Pro X gen 2 tidak terlalu berbeda dengan generasi sebelumnya. Dengan tampilan minimalis, layar besar 13 inci, bobot yang ringan (1.7 lbs), serta desain yang tipis yaitu 7.3 mm menjadikan laptop ini semakin nyaman dipakai untuk produktivitas harian saat di rumah. Bedanya, Microsoft Surface Pro X gen 2 memiliki varian warna Platinum yang megah.

Dengan RAM sebesar 16GB, menjadikan tablet ini sangat lega untuk pekerjaan yang membutuhkan multitasking. Selain itu, laptop ini juga telah dilengkapi dengan Windows 10 Home ARM. Meskipun demikian, WIndows 10 on ARM masih butuh banyak pengembangan agar performa aplikasi tradisional Windows dapat setara dengan prosesor x86.

Surface Laptop Go

Microsoft Surface Laptop Go adalah jajaran baru dari lini laptop Surface Microsoft. Seperti Surface Go, Laptop Go ditujukan bagi pelajar dengan harga yang lebih terjangkau.

Bahkan, Microsoft mengklaim ini adalah produk Laptop paling terjangkau mereka. Terbukti dengan banderol harga mulai dari $549.

Secara tampilan, sekilas Surface Laptop Go mirip dengan "kakaknya", Surface Laptop. Dengan layar "khas" berasio aspek 3:2 yang cocok untuk produktivitas sehari-hari. Ukuran layarnya sendiri 12.4-inci dengan layar sentuh PixelSense.

Surface Laptop Go didukung oleh prosesor Intel 10th Gen i5 Quad-Core dengan RAM hingga 16GB dan penyimpanan 256GB dan setiap konfigurasi dioptimalkan untuk kinerja dan masa pakai baterai.

Dengan eksterior metal yang ringan, Surface Laptop Go menawarkan tiga varian warna, yakni: Ice Blue, Sandstone dan Platinum.

Laptop ini juga dilengkapi dengan Microsoft Precision Trackpad dan Keyboard full-size dengan jarak antar tombol 1,3 mm. Ini membuat pengalaman mengetik lebih nyaman dan akurat, menurut Microsoft.

Aksesori Surface Baru

Microsoft juga meluncurkan aksesori Surface baru. Mulai dari Microsoft Modern Mobile Mouse dan Microsoft Bluetooth Ergonomic Mouse; Keyboard Microsoft Designer Compact Keyboard yang mungil, dan keyboard numpad Microsoft Number Pad bagi yang membutuhkan number pad terpisah; dan Microsoft 4K Wireless Display Adapter.

Mouse, keyboard, dan adapter display tersebut dapat dibeli untuk melengkapi barbagai perangkat Surface baru atau yang sudah ada.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Di antara dengan Yoan Fernanda

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.