[REVIEW] WWE 2K Battlegrounds, Ketika Para Pegulat Sangar Menjadi Lucu!

Gaming Okt 01, 2020

Setelah menuai banyak kritik keras dari para penggemarnya karena kegagalan seri terbaru, WWE 2K20. Sepertinya 2K Games selaku publisher franchise WWE, mulai belajar dari seri terbarunya yang gagal tersebut.

Akhirnya mereka merilis game baru yang digarap oleh Saber Interactive pada tanggal 18 September 2020 yang berjudul WWE 2K Battlegrounds, yang masih membawa nama WWE namun dengan konsep yang berbeda dan sangat unik. Tidak seperti franchise WWE 2K tahunan mereka, WWE 2K Battlegrounds memberikan sebuah nuansa yang sangat berbeda.

Bagaimana impresi saya terkait game ini? Simak ulasan lengkapnya disini!

Cerita

Jika berbicara cerita pada game sport seperti ini pasti kebanyakan berfokus dengan perjalanan karir dari salah satu karakter yang akan dimainkan. Sebuah premis yang sangat umum ketika melihat cerita dari game sejenis ini, namun WWE 2K Battlegrounds membawa sedikit perbedaan cerita.

Cerita WWE 2K Battlegrounds sendiri berfokus pada pencarian pegulat baru yang memiliki potensi besar yang nantinya akan menaikkan nama Battlegrounds. Sebuah nama program baru yang digagas oleh Paul Heyman yang kemudian ia sampaikan idenya kepada pemimpin dari promotor gulat ternama, Vince McMahon.

Vince McMahon yang setuju atas ide tersebut akhirnya langsung mendanai dan menugaskan Heyman untuk mencari para pegulat baru yang memiliki potensi besar tersebut. Heyman tak sendiri, ia bekerjasama dengan pegulat profesional yang sudah lama pensiun yaitu, Steve Austin.

Lalu mereka berdua berkeliling dunia untuk mencari pegulat-pegulat baru tersebut. Apakah tugas mereka berdua berhasil? Temukan jawabannya ketika kalian memainkan WWE 2K Battlegrounds.

Hal yang unik dari elemen cerita WWE 2K Battlegrounds sendiri terdapat pada gaya penyampaian ceritanya yang dibungkus dengan gaya komikal dan tak tanggung-tanggung art dari komiknya sendiri menurut saya pribadi terlihat sangat keren. Menjadikan game ini cocok bagi pemainnya yang memang gemar membaca terutama membaca komik.

Namun bagi saya pribadi cerita yang ditaruh kedalam mode Campaign ini terkesan hambar, sama halnya dengan cerita perjalanan dari seorang tokoh untuk membesarkan nama perusahaan pada umumnya.

Tampilan setiap poin ke poinnya juga terkesan biasa saja, tapi kembali lagi pada gaya penyampaian ceritanya yang membuat saya tertarik untuk menyelesaikan cerita game ini dan juga soundtrack yang rupanya enak didengar dari setiap latar tempatnya.

Gameplay

Hal yang menarik perhatian saya memainkan game ini adalah mekanik gameplay-nya yang bisa dibilang sangat unik, dimana pemain tak hanya sekedar bergulat layaknya game gulat sejenisnya. Tetapi mekanisme gulat pada game ini dibalut dengan berbagai macam skill tambahan yang sangat unik.

Skill tambahan tersebut dinamai Power-Ups, Yang terdiri dari tiga warna yang mewakili skill tersebut seperti "Flamming Fist" jika pemain menggunakan skill tambahan tersebut maka pemain bisa meningkatkan serangan pukulan. Sedangkan jika pemain menggunakan "Unblockable Force" pemain bisa melakukan berbagai kombo serangan kepada lawan dan secara otomatis lawan tidak bisa menangkisnya, sampai dengan skill penambah darah yang dinamai "Speedy Recovery".

Namun jika pemain ingin menggunakan skill tambahan tersebut, pemain harus memenuhi bar yang nantinya akan secara otomatis bisa membuka skill tambahan tersebut. Terlebih semua karakter juga memiliki power dasar ketika melakukan ending kombo kepada lawan, dimana setiap karakter bisa mengeluarkan serangan yang dibalut dengan sebuah elemen seperti api, es, sampai petir.

Selain itu setiap karakternya juga memiliki kelasnya masing-masing dimana terdiri dari 5 kelas seperti Powerhouse, Brawler, Technician, High-Flyer, dan All-Rounder. Masing-masing kelas tersebut memiliki keunggulan tersendiri, sebagai contoh ketika pemain memilih karakter dengan kelas Brawler maka karakter tersebut ahli dalam melakukan banyak kombo yang sangat bervariasi dan ahli dalam menggunakan berbagai senjata.

Tak sampai disitu saja, rupanya WWE 2K Battlegrounds juga memiliki fitur kustomisasi karakter dan arena yang bisa dibuat sendiri. Sedangkan untuk mode gamenya sendiri terdiri dari 5 Mode seperti Campaign, Tournament, King of The Battleground, Battleground Challenge, dan Exhibition.

Campaign sendiri adalah mode cerita yang dimana tidak hanya sekedar menyelesaikan cerita saja. Tetapi pemain yang sudah menyelesaikan point ke point pertandingan cerita yang disuguhkan akan diberikan reward seperti Power-Ups dan bisa membuka Karakter Baru.

Mode lainnya ada Tournament dan King of The Battleground yang memang dikhususkan bagi para pemain yang ingin bermain online secara random dengan peraturan yang ada.

Sedangkan mode Battleground Challenge merupakan mode tantangan yang terdiri dari banyak tantangan yang menggunakan karakter buatan sang pemain.

Untuk Exhibition Woman atau Men merupakan mode gulat pada umumnya yang terdiri dari banyak mode gulat seperti One-on-One, Tag Team, Royal Rumble, sampai Triple Threat yang bisa dimainkan secara online maupun offline.

Bagaimana untuk mikrotransaksinya? Pada dasarnya mikrotransaksi game WWE 2K Battlegrounds hanya sekedar sebagai jalan pintas saja untuk membuka konten seperti Power-Ups, Item Kosmetik, sampai Karakter bagi para pemain yang kurang tertarik untuk menyelesaikan berbagai Challenge.

Namun bagi para pemain yang tidak ingin membeli Special Offer yang terdiri dari 3 paket pilihan untuk membuka semua konten secara instant, maka sama sekali tidak masalah dan tidak terlalu diwajibkan.

Saya pribadi sangat menikmati berbagai mode yang terdapat pada game ini, memberikan sebuah warna baru yang lebih seru dibanding franchise WWE 2K tahunannya.

Grafis

Sepertinya tak perlu saya jelaskan panjang lebar karena grafis pada game ini benar-benar menyesuaikan dengan postur tubuh setiap karakter yang bisa dibilang sangat lucu. Ditambah penyampaian ceritanya yang begitu menarik bergaya komikal, sehingga sangat sesuai dengan desain para karakternya.

Terlebih tone warna yang lebih terasa cerah dan nampak menyegarkan apalagi ketika masing-masing karakter melancarkan serangan spesial.

Audio

Jika berbicara unsur suara pada game sport seperti ini mungkin saya hanya berfokus pada komentator dan efek suara serangan.

Untuk komentator game ini juga terbilang energic walaupun terdengar sangat monoton, dalam arti hanya sekedar ungkapan kagum kepada para pegulat yang melancarkan berbagai serangan epik.

Sedangkan efek suara pada serangannya sangat beragam apalagi jika para pemain melancarkan serangan spesial di mode King of The Battleground yang terdapat lebih dari 5 pemain. Semua hal tersebut juga dibantu dengan efek suara para penonton yang terasa sangat meriah dan seru.

Tak ketinggalan juga berbagai soundtrack pada game ini sangatlah asik dan pastinya bervariasi, sehingga menambah keseruan didalam game ini.

Kelebihan

  • Banyaknya mode pertarungan yang menarik
  • Grafis yang lucu dan menyegarkan
  • Kostumisasi yang cukup bervariasi
  • Mikrotransaksi yang sehat
  • Lebih dari 50 Roaster WWE termasuk pegulat legendaris seperti The Rock sampai The Undertaker
  • Efek serangan yang unik
  • Beragam musik yang sangat asik
  • Gaya penyampaian cerita yang komikal
  • Beragam intro karakter yang sangat unik
  • Hadirnya fitur cross-platform

Kekurangan

  • Cerita yang biasa saja
  • Tampilan point to point cerita yang nampak membosankan
  • Komentator yang sangat monoton
  • Harga yang terlalu mahal untuk game dengan grafis yang seperti ini

Kesimpulan

Jika kalian penggemar game gulat seperti WWE namun dengan balutan desain karakter yang lucu dan efek serangan yang unik, WWE 2K Battlegrounds lah pilihannya. Sepertinya sang publisher berhasil membayar kekecewaan para penggemarnya atas kegagalan WWE 2K20.

WWE 2K Battlegrounds cocok untuk kalian yang ingin mencari keseruan sekaligus kekocakan bersama teman dan keluarga kalian. Game ini sudah tersedia di platform Nintendo Switch, PlayStation 4, Xbox One, PC dan untuk harganya sendiri bisa kalian cek di store platform masing-masing apakah layak untuk dibeli dengan harga tersebut atau tidak.

Tag

Muhammad Luthfi

Something Inspirational

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.