Sambutlah Bolide, Track Car Bugatti Bertenaga 1824 Tenaga Kuda!

Teknologi 29 Okt 2020

Di tengah persaingan brand supercar ternama seperti Ferrari, Lamborghini, Koenigsegg, dan McLaren dalam hal mobil khusus track sangatlah ketat. Sehingga Bugatti juga tidak tinggal diam dalam hal ini.

Sang 16 Silinder Bolide

Dilansir dari Top Gear, pabrikan supercar asal Prancis ini memperkenalkan "senjata" terbaru mereka untuk persaingan sengit ini. Setelah sebelumnya mereka menghadirkan Divo, kini ada generasi penerus.

Jika dilihat sekilas, desainnya masih memiliki kesamaan terhadap saudara-saudaranya seperti Veyron, Chiron, Centodieci, dan La Voiture Noire. Jenis mesinnya pun juga masih sama, yaitu Quad Turbo W16.

Upgrade yang Fantastis

Namun, terdapat beberapa perbedaan yang tidak akan ditemukan di saudara road car. Karena mobil ini didesain khusus untuk track sehingga mobil ini tidak masuk dalam kategori road legal, sama seperti Divo.

Dengan desain bertemakan skeletal tersebut, mobil ini mampu menghasilkan daya sebesar 1824 tenaga kuda dan dapat melesat hingga kecepatan 311 mph atau 498 km/h.

Bolide memiliki bobot seberat 1240kg yang membantunya dalam hal akselerasi. Dengan 0-60 mph dalam waktu 2.41 detik.

Kekuatan Downforce

Seperti yang diketahui, Bolide memiliki bodi yang sangat minim namun dengan berbagai fitur aerodinamika seperti canard, wing, dan diffuser. Hal tersebut tentu saja memiliki efek yang besar pada mobil.

Pada kecepatan 198mph atau 318km/h, mobil ini dapat menghasilkan 1800kg downforce pada wing belakang, dan 800kg pada bagian depan. Suspensi juga dapat menahan 3.5 ton beban downforce untuk mencengkeram mobil ke aspal saat mobil melaju sangat kencang.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.