Seiyuu Kousei Tomita Meninggal Dunia di Usia 84 Tahun

Pop Kultur Okt 03, 2020

Kabar duka datang dari dunia sulih suara Jepang, dimana seiyuu veteran Kousei Tomita meninggal dunia pada hari Minggu (27/9) lalu. Ia menghembuskan nafas terakhirnya setelah berjuang melawan penyakit stroke yang ia derita. Berita duka cita ini disampaikan oleh agensi yang menaunginya, Production Baobab.

Dikutip dari AnimeNewsNetwork sebagaimana dikutip dari Cinematoday, ia memulai karirnya dari seni peran, dimana ia bergabung dalam kelompok teater Gekidan Tōgei. Karirnya dalam dunia sulih suara selama 50 tahun ia mulai dari seri anime Astro Boy yang tayang pada 1963 lalu. Ia kemudian mengisi suara Higeoyaji dalam banyak seri anime yang diadaptasi dari komik besutan Osamu Tezuka.

Seiyuu kelahiran Tokyo ini juga dikenal karena mengisi suara Doraemon pertama dalam Doraemon versi Nippon Television, dan mengisi suara Poseidon dalam "Doraemon: Nobita's Undersea Demon Castle" yang dirilis pada tahun 1983.

Selain itu, ia juga banyak mengisi tokoh terkenal dari berbagai anime, seperti: papa Bakabon dalam Heisei Tensai Bakabon, Dr. Hell dan Nuke di Mazinger Z, Inspector Ohtsuka di Shin Tetsujin 28, Dr. Saotome di Getter Robo, Alexander Bucock di The Legend of the Galactic Heroes, Bouleuse Gotho di Armored Trooper Votoms, dan Emperor Daibazaal serta narator di Voltron.

Tak hanya itu, ia juga mengisi suara karakter film serta seri televisi asing dalam bahasa Jepang. Pada 1993, ia juga mengisi suara dalam film live action Super Mario Bros. Suaranya juga diabadikan dalam wahana Big Thunder Mountain yang berada di Disneyland.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.