SK Hynix Perkenalkan Modul RAM DDR5 Pertama

Teknologi Okt 08, 2020

Perusahaan modul chip asal Korsel, SK Hynix merilis sebuah modul RAM DDR5 pertama di dunia berkapasitas 64GB. Modul RAM DDR5-4800 ini sanggup mendukung kecepatan 4800 sampai 5600 Mbps, lebih cepat dari pendahulunya, DDR4 dengan mengkonsumsi lebih sedikit daya. SK Hynix mengklaim modul ini menghemat 20 persen daya daripada modul DDR4.

Modul RAM DDR5 yang dirilis SK Hynix.

Kecepatan tersebut masih dibawah standar DDR5 yang bisa menembus 6400 Mbps. Namun, kecepatan tersebut sudah lebih cepat setidaknya 1,8 kali daripada kecepatan DDR4.

Teknologi ini juga digadang-gadang mampu menghasilkan satu modul RAM dengan kapasitas yang lebih besar, yakni 128GB per keping untuk penggunaan desktop, dan 2TB untuk penggunaan server. Sebelumnya pada 2018 lalu, SK Hynix mengumumkan akan membangun sebuah modul RAM DDR5 berkapasitas 16GB.

Standar DDR5 belum lama ini dipublikasikan oleh JEDEC pada Juli lalu. SK Hynix memperkirakan jika penjualan perdana modul RAM DDR5 ini akan dimulai pada Q3 tahun depan. Namun sebagaimana dikutip dari The Verge, perusahaan ini siap kapan saja untuk menunggu sistem yang akan mendukung modul ini.

Intel sendiri mengumumkan bahwa arsitektur mereka yang terbaru, Tiger Lake akan siap mendukung modul RAM DDR5.  Sementara dari kubu merah, AMD, masih belum secara resmi mengumumkan dukungan pada modul baru ini, namun diperkirakan menjelang 2022 sudah siap mendukung DDR5.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.