SSC Tuatara Pecahkan Rekor Mobil Produksi Tercepat di Dunia

Teknologi Okt 22, 2020

Bugatti Chiron Super Sport merupakan supercar yang menyandang predikat mobil produksi tercepat di dunia, namun kali ini pabrikan supercar Prancis harus rela lengser.

Mobil tersebut adalah Shelby Super Car, yang bisa dilihat di video di bawah ini.

Sambutlah, SSC!

Dilansir dari Car Throttle, brand Shelby Super Car atau SSC inilah yang siap mengambil mahkota dari Bugatti dengan mobil terbaru mereka bernama Tuatara.

Dengan rekor top speed 316.11mph (503.73kmh), Tuatara berhasil mengungguli rekor yang sebelumnya dipegang oleh Bugatti Chiron yaitu 304.77mph (490.47kmh).

Untuk mencapai rekor tinggi tersebut secara resmi, pengemudi dari Tuatara bernama Oliver Webb harus melesat secepat mungkin di jalan sepanjang 11km yang berlokasi di Pahrump, Nevada, sekitar Las Vegas. Kemudian dia harus melesat lagi dari arah yang sebaliknya.

Untuk percobaan pertama, Webb berhasil menempuh kecepatan 301.07mph (484.52kmh) dan di percobaan kedua berhasil menempuh 331.15mph (532.9kmh) sehingga didapatkan rata-rata 316.11mph (503.73kmh).

Tentang Tuatara

Apa yang membuat Tuatara ini sangat powerful? Rahasianya tidak hanya ada di balik kap mesinnya, namun juga banyak faktor lainnya.

Mesin yang mereka gunakan adalah Nelson Racing twin-turbo V8 berkapasitas 5.9 liter yang memiliki daya 1750hp untuk menggerakkan roda belakang.

Blok mesin tersebut berbahan baku aluminium yang berkekuatan tinggi saat digunakan untuk kondisi paling optimal dalam waktu yang lama.

Tenaga tersebut didukung oleh transmisi 7-speed paddle shift buatan CIMA. Bobot untuk chassis dan bodi mobil hanya sebesar 1247kg, sehingga rasio daya ke bobot menjadi sangat tinggi.

Tidak lupa pula Tuatara memakai ban Michelin Pilot Sport Cup 2s yang terbukti kuat untuk menahan laju mobil saat di kecepatan tinggi.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.