"Tendang" Apple, Xiaomi Masuk 3 Besar Perusahaan Ponsel Terbesar Dunia

Teknologi Okt 30, 2020

Xiaomi, salah satu pabrikan ponsel terbesar se-Tiongkok kembali masuk 3 besar jajaran perusahaan ponsel terbesar sedunia. Setelah pada Q2 2020 posisi pertama diambil alih oleh Huawei, kemudian pada Q3 2020 diambil lagi oleh Samsung, kini Xiaomi menggeser posisi Apple yang berada di urutan ketiga.

Dengan ini, tiga besar pabrikan ponsel terbesar dunia semuanya dipegang oleh pabrikan ponsel bersistem operasi Android, dan berasal dari Asia Timur.

Menurut laporan dari Counterpoint Research, IDC, dan Canalys, sebagaimana dilansir dari XDA Developers, Samsung mencatat distribusi produk ponsel mereka mencapai hampir dan bahkan lebih dari 80 juta ponsel dalam 3 bulan ke belakang. Dari data IDC, Xiaomi sendiri mencatatkan jumlah distribusi ponsel mereka sebanyak 46,5 juta unit, di bawah Huawei yang mencapai angka hampir 52 juta unit. Berbeda dengan data dari Canalys yang mencatatkan 47,1 juta unit untuk ponsel Xiaomi.

Sumber data: Counterpoint Research
Sumber data: IDC
Sumber data: Canalys

Meskipun secara angka memiliki perbedaan, namun secara garis besar ketiga hasil riset tersebut sama-sama memahkotai Samsung sebagai pemuncak, disusul Huawei, Xiaomi, dan Apple. Di tempat kelima, dari data Counterpoint diisi oleh Oppo, sementara dari 2 data lain mencatatkan Vivo yang menempati peringkat kelima.

Sangat wajar apabila posisi Apple melorot, mengingat perilisan ponselnya yang berbeda dari perilisan ponsel Android yang dikenal jor-joran, yang setiap beberapa bulan sekali akan ada ponsel baru lagi. Terlebih penjualan iPhone terbaru saat ini tengah lesu. Selain akibat pandemi, Apple terkesan "telat panas" dengan penundaan perilisan ponselnya.

Secara keseluruhan terdapat peningkatan distribusi seiring pengenalan produk yang semakin menggila, yang jauh lebih besar dari triwulan sebelumnya. Menurut data Counterpoint, sebagai pusat pertumbuhan ponsel, pasar India mencatatkan peningkatan 9% dari triwulan sebelumnya, yang mana 24% dikuasai oleh Samsung. Data berbeda ditunjukkan oleh Canalys, di mana pertumbuhan tercatat meningkat 8 persen, dengan Xiaomi berada di pemuncak.

Sumber data: Counterpoint Research
Sumber data: Canalys

Dengan masih berlangsungnya Q4 tahun ini, manakah pabrikan yang akan menjadi pemuncak pabrikan ponsel terbesar sedunia tahun ini?

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.