Tips agar Pentab Kamu Bisa Lebih Optimal Di Linux

Teknologi 19 Okt 2020

Linux merupakan sistem operasi yang banyak digunakan setelah MacOS dan Windows. Bahkan, beberapa aplikasi untuk digital drawing open-source pun lahir di Linux seperti Krita dan GIMP. Sayangnya, belum semua pen tablet bisa berjalan secara optimal di Linux. Lalu seperti apa cara mengoptimalkan pen tablet kamu di Linux?

Seperti biasanya, kami telah mencobanya sebelum artikel ini ditulis di laptop yang biasa kami pakai dalam setiap review OS Linux di situs Media Formasi. Sebuah Acer Aspire 4732z dengan Intel Pentium T4400 dan RAM 4 GB, yang ditemani dengan pen tablet Huion H430P.

Sejatinya, Huion H430P hanya mendukung sistem operasi MacOS dan Windows 7 keatas, meskipun kami bisa menggunakan pentab ini secara langsung di Linux. Hanya saja, saat kami menggunakan perintah xsetwacom --list devices, device tidak muncul pada list tersebut (meskipun sebenarnya terdeteksi melalui perintah xinput). Serta empat tombol yang berada di pad tersebut tidak bisa diklik, hanya dua tombol yang berada di stylus yang bisa dijalankan.

Untuk mengatasinya, MedForians perlu menginstal sebuah kernel driver benama DigiMend. DigiMend sendiri merupakan sebuah driver yang memungkinkan pentab selain Wacom bisa terdeteksi di perintah xsetwacom --list devices dan membuat fitur pengaturan pentab menjadi berfungsi secara optimal.

Tampilan xsetwacom saat pentab terdeteksi

Menginstal Digimend

Untuk menginstalnya, MedForians hanya mengunduh file digimend yang tersedia di laman github berikut, lalu menginstal dkms sebagai Dependencies dan menjalankan perintah yang akan kami paparkan dibawah.

  1. Pastikan pen tablet kalian didukung oleh digimend. Untuk mengetahuinya, MedForians bisa mengunjungi tautan ini
  2. Unduh file zip digimend melalui tautan ini dan ekstrak ke sebuah folder
  3. buka folder digimend yang telah diekstrak lalu klik kanan> pilih aksi > Jalankan terminal disini
  4. Instal dkms sebagai Dependencies melalui perintah sudo apt install -y dkms
  5. Jika dkms telah terpasang, jalankan perintah sudo make dkms_install dan tunggu beberapa saat
  6. Jika sudah selesai, restart laptop kalian dan hubungkan pentab kalian, lalu jalankan perintah xsetwacom --list devices di terminal kalian. Jika muncul nama pentab kalian di dalam list tersebut (misal HUION Huion Tablet Pen stylus dan HUION Huion Tablet Pen pad), maka Digimend telah terinstal di laptop kalian.
  7. (Khusus pengguna Distro KDE) Jika terdeteksi di perintah xsetwacom, MedForians tinggal membuka aplikasi "Pencari Tablet Wacom," pilih "HUION Huion Tablet" di bagian detected tablet dan konfigurasikan express button. Jika sudah, reboot laptop kalian dan pentab sudah siap digunakan.
Tampilan aplikasi "Pencari Tablet Wacom"

Tips Tambahan

Untuk konfigurasi lebih lanjut, MedForians bisa mengunjungi laman github ini.

Untuk mengaktifkan express button (khususnya untuk pengguna distro non KDE Plasma), MedForians perlu membuat file baru di /home/(nama user)/.config bernama huion.sh lalu paste text dibawah ini:

xsetwacom --set "HUION PenTablet Pad pad" Button 1 "key +ctrl +z -z -ctrl"
xsetwacom --set "HUION PenTablet Pad pad" Button 2 “key e”
xsetwacom --set "HUION PenTablet Pad pad" Button 3 "key +ctrl"
xsetwacom --set "HUION PenTablet Pad pad" Button 8 "key +shift"
xsetwacom --set "HUION PenTablet Pad pad" Button 9 "key +ctrl +  -ctrl"
xsetwacom --set "HUION PenTablet Pad pad" Button 10 "key +ctrl -  -ctrl"
xsetwacom --set "HUION PenTablet Pad pad" Button 11 "key b"
xsetwacom --set "HUION PenTablet Pad pad" Button 12 "key space"

lalu sesuaikan dengan fungsi yang akan MedForians pakai saat menggunakan express button pada pentab kalian. Pastikan MedForians menyimpan file huion.sh sebagai executable files lalu set file tersebut untuk berjalan setiap startup.

Demikian tutorial cara mengoptimalkan pentab di Linux kali ini. Jika ada kritik dan saran yang ingin disampaikan, sila komentar dibawah.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.