XDA Hadirkan Ponsel Pro1-X , Ponsel Pertama dengan Lineage OS

Teknologi 28 Okt 2020

Setelah banyak rumor dan running jokes yang beredar beberapa waktu ke belakang di forum XDA Developer, akhirnya forum oprek Android ini benar-benar membuat sebuah ponsel! Ya, dengan menggandeng F(X)tec, XDA memperkenalkan sebuah ponsel dengan seri Pro1-X, yang merupakan upgrade dari ponsel besutan F(X)tec, Pro1. Ada  tiga versi yang ditawarkan, yakni versi LineageOS yang merupakan penerus dari CyanogenMod, versi Ubuntu Touch, dan versi Android original.

Dilansir dari situs webnya, ponsel ini ditenagai prosesor Snapdragon 835, dengan penyimpanan 256GB, memori 8GB, mendukung SIM ganda, tombol kamera, pemindai sidik jari, colokan USB tipe C, dan HDMI out. Tak hanya itu, ponsel ini juga memiliki keyboard fisik 66 tombol, yang sangat jarang sekali hadir di ponsel Android di masa sekarang. Untuk kamera, tertanam kamera utama dengan resolusi 12MP, kamera kedua 5MP, dan kamera depan 5MP.

Untuk versi dengan sistem operasi Ubuntu Touch, ponsel ini juga dapat dioperasikan layaknya laptop dengan menyambungkan ponsel ke monitor dengan kabel HDMI, dan menjadikan layar ponsel ini sebagai trackpad. Ponsel ini juga jadi ponsel pertama yang ditenagai prosesor Qualcomm, yang dapat menjalankan Ubuntu Touch.

Alasan mengapa mereka akhirnya benar-benar meluncurkan ponsel ini adalah  dengan popularitas LineageOS yang semakin berkembang sebagai salah satu distro Android yang dikenal aman, XDA ingin pengalaman keamanan itu dapat dinikmati secara lebih luas.

Untuk harga retail, ponsel ini akan dijual dengan harga 899 Dollar Amerika. Khusus komunitas XDA, mereka membanderol ponsel ini dengan harga 639 Dollar Amerika, dan harga pre-early bird dalam waktu terbatas senilai 599 Dollar Amerika. Buat kalian yang berminat bisa langsung mengunjungi situs crowdfunding Indiegogo ponsel ini melalui tautan berikut.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.