Yang Baru dari Google Kali Ini: Pixel 5, Google TV, dan Banyak Lagi

Teknologi Okt 01, 2020

Layaknya Apple dan beberapa raksasa teknologi lain yang tak dapat menggelar event tahunannya tahun ini, Google juga mengumumkan rangkaian produknya secara virtual. Dengan tajuk "Launch Night In", acara yang berlangsung setengah jam ini menghadirkan banyak produk mulai dari Google TV, Chromecast hingga yang ditunggu-tunggu, Pixel 5.

Dimulai dari narasi Rick Osterloh, yang memaparkan situasi cukup sulit yang banyak orang hadapi saat ini akibat pandemi COVID-19 yang belum berkesudahan. Google seolah ingin memberi solusi atas keinginan yang tertunda untuk bisa keluar rumah, walau sekadar menonton film di bioskop. Nampaknya Google ingin menciptakan ekosistem teknologi untuk kebutuhan hiburan.

Jadi, produk yang dihadirkan pertama dalam acara ini adalah Google TV dan Chromecast. Menyusul, presentasi spiker cerdas Google, Nest Audio, dan diakhiri dengan 2 ponsel cerdas, Pixel 4a 5G dan Pixel 5.

Google TV dan Chromecast

Ada banyak konten yang menarik di luar sana, dan Google ingin membawanya ke rumahmu dengan Google TV dan Chromecast versi terbaru. Kali ini, Chromecast sudah memiliki remote. Remote ini sendiri tak hanya bisa mengontrol Chromecast dengan tombol yang tersedia, namun juga lewat suara, dengan menekan tombol Asisten Google. Tak hanya menonton YouTube, berbagai platform yang didukung Android hadir pula disini, seperti Hulu, Netflix, atau Disney+. Sehingga, pilihan hiburan juga semakin banyak.

Ada juga fitur watchlist dimana fitur ini dapat digunakan untuk menyimpan judul film atau seri yang akan ditonton. Dan hebatnya, bisa ditambah melalui laptop atau ponsel, asal terhubung dengan akun Google. Secara otomatis, daftar yang ditambah lewat ponsel atau laptop langsung hadir di Google TV.

Chromecast terbaru ini hadir dalam 3 varian warna: Snow, Sky, dan Sunrise. Chromecast dengan Google TV hadir di AS dengan harga 49.99 Dollar Amerika dan direncanakan rilis secara global pada akhir tahun nanti.

Nest Audio, Bukan Spiker Sembarangan

Spiker cerdas Nest Audio bukan spiker cerdas biasa! Spiker ini dapat terhubung antara satu dengan yang lain, dan dapat diset sesuai ruangan dimana spiker ini dipasang. Nest Audio dapat dikontrol dengan menggunakan suara, tentu saja dengan kode panggil "OK Google" atau "Hey Google". Nest Audio dihargai senilai 99 Dollar Amerika.

Bintang Utama, Pixel 4a 5G dan Pixel 5

Yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba juga. Sempat bocor beberapa jam sebelum rilis, akhirnya Pixel 4a 5G dan Pixel 5 resmi juga. Pixel 4a 5G adalah varian Pixel 4a yang sudah dilengkapi jaringan 5G. Dan Pixel 5 adalah generasi baru di keluarga Pixel. Fitur inti dari keduanya adalah kamera, jaringan 5G, pengalaman gaming, dan ketahanan daya baterai. Keduanya berbagi spesifikasi kamera depan dan belakang yang sama.

Untuk Pixel 5 sendiri diotaki Snapdragon 765G, dengan kapasitas penyimpanan 128GB, dan RAM 8GB. Sedangkan "adiknya", Pixel 4a 5G juga diotaki Snapdragon 765G dan penyimpanan yang juga berukuran 128GB, namun kapasitas RAM dipangkas menjadi 6GB. Untuk layar, Pixel 4a 5G berukuran lebih besar sedikit dengan ukuran diagonal 6.2 inch dan resolusi Full HD+. Sedangkan Pixel 5 memiliki layar Full HD+ berukuran 6 inch. Namun layar Pixel 5 merupakan layar OLED yang memiliki refresh rate 90Hz.

Soal kamera, Pixel 5 dan Pixel 4a 5G dilengkapi 2 kamera belakang dengan kamera utama 12MP dan kamera lensa ultrawide 16MP. Sedangkan kamera depannya berukuran 8MP dan didesain punch hole. Kamera belakang kedua ponsel ini mendukung berbagai fitur fotografi seperti: HDR, OIS, Cinematic Pan, hingga Portrait Light.

Pixel 4a 5G dihargai senilai 499 Dollar Amerika, sedangkan Pixel 5 berharga 699 Dollar Amerika.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.