Bagaimana Cara Mengecilkan Ukuran File PDF? Ini Tips untuk Kamu!

Teknologi Nov 30, 2020
Ilustrasi pengecilan ukuran file PDF (Foto: Istimewa).

Jika kamu ingin mengecilkan ukuran file pdf, kamu berada di tempat yang tepat. File PDF dapat menimbulkan banyak masalah, terutama saat mengunggah atau membagikannya karena masalah ukuran.

Namun, file PDF berukuran lebih kecil jika dibandingkan dengan Word, tetapi pada saat yang sama, kamu harus tahu bahwa sangat sedikit platform di web yang dapat menerima ukuran file pdf yang besar.

Kamu tidak perlu khawatir tentang hal ini lagi karena hari ini dalam traksi ini kami akan memberi tahu kamu bagaimana kamu dapat mengurangi ukuran dokumen pdf dengan menggunakan tips teknologi online sederhana!

Hindari Memindai File PDF

Kesalahpahaman yang sangat umum yang ada saat ini adalah bahwa untuk membuat satu file PDF kamu harus memindai sekumpulan dokumen setelah mencetaknya.

Kamu harus tahu bahwa file yang dikonversi secara elektronik jauh lebih kecil ukurannya daripada yang dipindai. Jika kamu ingin menyatukan dokumen, kamu dapat menggunakan metode konversi online untuk mengubah format file.

Fitur pemindai pdf sebaiknya hanya digunakan pada kertas yang kamu miliki dalam format keras. kamu dapat menggunakan alat pengubah PDF online dari Adobe untuk memenuhi tujuan ini. Konversi online dapat membantu kamu menghemat banyak KBS.

Simpan File Sebagai "PDF Ukuran yang Diperkecil"

Saat membuat file PDF jika kamu merasa ukurannya akan besar maka kamu dapat dengan mudah menyimpannya dalam format ukuran yang diperkecil.

Ini dapat dilakukan pada awalnya saat menyimpan file untuk pertama kalinya, dan kamu juga dapat menyimpan ulang file kamu jika kamu telah menyimpan file secara normal sebelumnya.

Kamu dapat menggunakan Adobe Acrobat Pro untuk tujuan ini. Alasan kami merekomendasikan alat ini karena memiliki fitur yang akan membantu kamu menyimpan konten dalam versi ukuran yang diperkecil.

Ini bisa dilakukan dengan sangat mudah; kamu tidak memerlukan pengalaman apa pun untuk menyimpan file dalam ukuran yang lebih rendah dengan alat ini. Kamu dapat dengan mudah menemukan opsi 'PDF ukuran yang diperkecil' di menu File pada alat.

Gunakan Kompresor PDF oleh Duplichecker

Tampilan utama laman kompres PDF Duplichecker (Media Formasi).

Jika file kamu besar dan kamu tidak dapat menyimpannya dalam ukuran yang lebih kecil menggunakan acrobat, maka yang harus kamu lakukan adalah menggunakan alat kompres PDF online.

Ada banyak alat kompres PDF online yang tersedia, tetapi tidak semuanya dapat diandalkan. Kompres PDF oleh Duplichecker adalah alat gratis dan andal yang dapat membantu kamu dalam memperkecil ukuran pdf dalam ukuran yang kamu inginkan.

Cara kerja alat kompres PDF online ini juga sangat mudah, dan orang dapat menggunakannya tanpa sepengetahuan sebelumnya.

Kamu harus membuka alat di browser kamu dan menggunakan tombol unggah untuk mengambil file PDF dari penyimpanan lokal kamu. Setelah mengunggah file, kamu harus mengklik tombol 'Kompres PDF'.

Kamu harus tahu bahwa kamu juga dapat mengatur tingkat kompress ukuran PDF dengan alat peredam file ini.

Mengurangi Ukuran File Saat Berada di Word

Mayoritas file PDF dibuat dengan menyimpan konten dari Word. Trik sederhana yang sebagian besar dari kita tidak terbiasa adalah bahwa kita dapat mengurangi ukuran file sekaligus menyimpan pekerjaan di Word sejak awal.

Kamu harus membuka file Word yang telah kamu buat dan mengaktifkan akses pengeditannya. Setelah mendapatkan akses ke file tersebut, kamu harus mengklik menu File dan memasukkannya.

Di menu File, kamu akan menemukan tombol 'simpan sebagai', kamu harus mengkliknya. Kamu akan diarahkan ke menu file 'simpan sebagai'. Di sini kamu dapat dengan mudah mengganti nama file, mengatur lokasi dan juga memilih format. Di menu pemilihan format, kamu harus memilih opsi "PDF".

Sekarang ketika kamu melakukannya, kotak dialog baru akan muncul di bagian bawah menu di mana kamu akan ditawarkan opsi untuk menyimpan file dalam versi 'ukuran minimum atau penerbitan online'.

Kamu harus mencentang opsi ini dan menyimpan file dalam format ini. Dengan cara ini, kamu bisa memperkecil ukuran file PDF.

Kompres Gambar dalam File

PDF yang besar adalah yang memiliki gambar besar di dalamnya. Gambar dapat memperbesar ukuran file dua kali lipat. Jika kamu memiliki file PDF dengan banyak gambar di dalamnya, kamu dapat dengan mudah mengurangi ukurannya dengan mengompresi gambar di dalamnya.

Kamu dapat menggunakan alat kompresor gambar online untuk mengurangi ukuran gambar dalam file PDF sehingga mengurangi ukuran dokumen secara keseluruhan.

Kamu dapat menggunakan alat kompresor gambar online dari SmallSEOTools! Ini juga merupakan cara yang cukup umum dan dapat diandalkan untuk mengurangi ukuran file.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.