Comiket 99 Bakal Digelar 2021, Terapkan Protokol Kesehatan

Pop Kultur Nov 18, 2020

Dengan adanya pandemi Covid-19 menjadikan Comiket 98 yang harusnya dijadwalkan 2 hingga 5 Mei tahun ini ternyata dibatalkan. Namun bukan berarti event ini akan hilang seterusnya. Justru angkanya berlanjut ke 99.

Hadir Kembali!

Dilansir dari Soranews24, pada Selasa (17/11) penyelenggara dari Comiket mengumumkan kembalinya event otaku terbesar di Tokyo tersebut. Mereka menjadwalkannya pada liburan Golden Week (antara pertengahan April dan Mei) yang tepatnya 2 hingga 5 Mei di tahun mendatang. Untuk lokasi tentunya tidak lain tidak bukan adalah Tokyo Big Sight Convention Center, seperti pada pagelaran Comiket sebelumnya.

Pembatasan Pengunjung

Namun berbeda dengan Comiket yang terdahulu, event kali ini nantinya akan diadakan pemberlakuan pembatasan pengunjung. Hal ini tentunya untuk mematuhi protokol kesehatan dan keselamatan terkait penyebaran virus Covid-19 dalam meminimalisir berkerumunnya banyak pengunjung.

Panitia memberlakukan sistem undian atau lotere, dan sistem ini berlaku tidak hanya untuk pengunjung yang ingin menikmati acara, namun juga untuk para cosplayer dan attendant yang ingin membuka stand disana. Selain itu, pemberlakuan protokol kesehatan juga semakin dijaga ketat. Siapapun yang masuk dan tidak memakai masker maka panitia berhak melarangnya untuk masuk.

Perbandingan

Di Comiket 97 tahun 2019 lalu jumlah pengunjung bisa mencapai 250.000 hingga 300.000 orang. Namun karena diberlakukannya pembatasan pengunjung maka panitia harus bersedia memangkas kapasitas dari jumlah pengunjung menjadi sekitar 10.000 orang, yang dimana adalah kurang dari setengahnya. Hal ini dilakukan tentunya untuk meminimalisasi penyebaran virus dan mencegah kerumunan pengunjung yang membludak.

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.