Developer Sukses Jalankan Windows 10 ARM pada Perangkat Mac dengan Chip M1

Teknologi 28 Nov 2020

Setelah sebelumnya perwakilan dari Apple, Craig Federighi menyatakan jika Windows 10 ARM dapat dijalankan pada perangkat Mac dengan chip Apple Silicon M1, kini para developer tampaknya mengamini pernyataan tersebut.

Alexander Graf mencoba melakukan instalasi OS Windows 10 ARM Insider Preview pada perangkat Macbook M1 miliknya melalui skema virtualisasi melalui Hypervisor.framework. Hasilnya? Sistem operasi tersebut mampu berjalan dengan baik, tanpa menggunakan sistem emulasi. Graf kemudian membagikannya lewat akun Twitter miliknya.

Graf juga mengatakan jika Windows 10 ARM yang ia miliki bisa menjalankan aplikasi x86 dengan baik, meski tidak sebaik Rosetta2 yang dikembangkan Apple.

Dilansir dari The 8-Bit sebagaimana dikutip dari 9to5mac, Graf menggunakan Hypervisor.framework dalam ujicoba ini dikarenakan framework ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan teknologi virtualisasi di ruang pengguna tanpa harus menulis ekstensi kernel (KEXT).

Graf turut melibatkan QEMU, sebuah aplikasi mesin virtual open source, yang dikenal karena memiliki performa yang mendekati perangkat aslinya. Hal ini dikarenakan QEMU mengeksekusi kode dari OS Guest secara langsung pada CPU milik Host.

Sebelumnya, Craig Federighi, Wakil Presiden bidang Teknik Software Apple mengatakan jika Windows bisa saja berjalan mulus di perangkat dengan SoC besutan Apple ini. Namun, semuanya kembali ke Microsoft apakah dukungan berupa driver akan disediakan.

"Kami telah memiliki teknologinya, untuk menjalankan Windows dalam versi ARM yang tentu saja mendukung aplikasi berbasis x86. Tapi keputusan tetap kembali ke Microsoft untuk menyediakan lisensi agar pengguna Mac baru ini dapat menggunakannya. Tapi menurut saya Mac baru ini tentu saja sangat mampu untuk menjalankan Windows" terang Craig.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.