Gerakan Masker untuk Indonesia Sediakan Vending Machine Masker bagi Pengunjung Mall

Teknologi Nov 16, 2020
Foto penggunaan vending machine ATLAS oleh StickMedia, hasil kerjasama dengan Masker untuk Indonesia dan Senayan City (Sumber: StickMedia).

Dalam masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membatasi sejumlah kegiatan sosial sebagai upaya untuk mengurangi penularan virus Covid-19.

Kendati demikian, restoran dan pusat perbelanjaan (mal) masih dapat beroperasi untuk pemenuhan kebutuhan dasar, seperti berbelanja kebutuhan pokok dan take-away makanan.

Menanggapi kondisi ini, gerakan Masker untuk Indonesia kembali berkolaborasi dengan Senayan City untuk menyediakan dua buah mesin penjual otomatis (vending machine) yang didukung oleh ATLAS, perusahaan rintisan yang bermisi mendefinisikan ulang pengalaman berbelanja di Indonesia.

Melalui vending machine pintar ini, diharapkan masyarakat semakin sadar bahwa masker merupakan kebutuhan mendasar dan saat ini dapat diperoleh dengan lebih mudah di dalam mal.

“Kami terus berusaha meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memakai masker sekaligus  berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Saat ini masker telah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari dan dengan dapat diakses dengan mudah melalui vending machine pintar ATLAS, kami ingin memudahkan orang untuk tak hanya melindungi diri tapi juga sesama,” ungkap Kevin Osmond, relawan gerakan Masker untuk Indonesia.

Operasi vending machine ATLAS di Senayan City (StickMedia).

Memudahkan Akses Masker

Sebelumnya, masker dari gerakan ini hanya dapat diperoleh melalui pemesanan online yakni website maskeruntuk.id maupun marketplace.

Melihat bahwa mal juga merupakan tempat tujuan untuk pemenuhan kebutuhan dasar seperti berbelanja, Masker untuk Indonesia turut menggandeng Senayan City dan ATLAS untuk menyediakan vending machine pintar sebagai pilihan untuk mengakses masker. Selain memudahkan, juga untuk meningkatkan kesadaran bahwa masker merupakan salah satu kebutuhan esensial di tengah kondisi pandemi.

Meningkatnya kasus positif Covid-19 di Indonesia menjadi perhatian tersendiri bagi para relawan dari gerakan ini. Upaya-upaya pencegahan virus harus terus digalakkan, peluncuran vending machine menjadi inisiatif Masker untuk Indonesia dalam menyediakan masker kain dengan cepat dan mudah serta menghindari interaksi berlebih dengan orang lain karena konsep transaksi yang self-service, hanya perlu waktu 30 detik, dan mendukung sistem transaksi digital dengan metode pembayaran berbasis QR.

“ATLAS bermisi untuk mendefinisikan ulang pengalaman berbelanja yang aman, cepat, dan menyenangkan. Lewat kerjasama dengan Masker Untuk Indonesia, kami ingin memperkenalkan vending machine pintar ATLAS, sekaligus, bersama-sama dengan seluruh pihak, untuk memberi kemudahan akses masker pada masyarakat luas untuk meredam tingkat penyebaran Covid-19 di Indonesia, apalagi di kala tingkat penyebaran virus masih belum bisa terkendali dengan baik,” ujar Co-Founder ATLAS, Archie Carlson.

Penampakan vending machine ATLAS hasil kerjasama Masker untuk Indonesia x Senayan City (StickMedia).

Mendukung Program Protokol Kesehatan Jakarta

Di tengah berlakunya PSBB transisi di Jakarta, Senayan City telah memberlakukan protokol pencegahan Covid-19 dengan ketat, seperti wajib menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh, penggunaan hand sanitizer, jaga jarak minimal 1 meter, UV-C sterilizer for shopping bags hingga touchless experience seperti di area lift dan parking system.

Harapannya, dengan ditambahnya akses masker kain ini, pengunjung tak hanya mendapat akses ketersediaan masker kain namun juga bisa bergerak bersama menahan laju penyebaran dengan ikut berkontribusi dalam program PESAN 1 BERBAGI 3, yakni setiap pemesanan 1 masker, pemesan sekaligus berbagi 3 masker ke masyarakat yang membutuhkan.

“Senayan City sangat mendukung gerakan Masker untuk Indonesia dalam pencegahan penyebaran Covid-19 serta turut membantu pendistribusian masker kepada sesama yang membutuhkan. Selain berkolaborasi dalam pembuatan desain masker, Senayan City juga memberikan dukungan lain kepada Masker untuk Indonesia dengan menyediakan area untuk vending machineguna memudahkan pengunjung mendapatkan masker kain 3 lapis di masa PSBB transisi ini. Selain itu, hadirnya vending machine ini juga diharapkan dapat meningkatkan kepedulian pengunjung untuk tetap menggunakan masker di area public guna menjaga kesehatan bersama. Vending machine ini dapat ditemukan di area Crystal Lagoon, lantai LG.” jelas Jaclyn Halim, Leasing & Mkt. Comm. GM Senayan City.

Masker Sesuai Standar WHO

Sejak awal Oktober yang lalu, material masker kain yang disediakan di Masker untuk Indonesia sudah ditingkatkan mengikuti standar WHO, yakni masker kain 3 lapis dengan bahan sesuai fungsi dan kegunaannya.

Lapisan dalam adalah 100% katun, lapisan tengah yakni spunbond, dan lapisan paling luar terbuat dari bahan sintetis dengan polyester 95% dan spandex 5%. Hingga saat ini, vending machine Masker untuk Indonesia menyediakan 18 desain masker kain hasil kolaborasi seniman, UMKM serta sejumlah selebriti tanah air.

Gerakan Masker untuk Indonesia berangkat dari kepedulian untuk memutus rantai penyebaran virus corona dan mendukung anjuran pemerintah dalam mengenakan masker kain non-medis.

Hingga 2 November 2020 gerakan Masker untuk Indonesia telah menyalurkan lebih dari 631.000 masker kain untuk masyarakat yang membutuhkan. Melalui mitra distribusi, masker donasi telah tersebar hingga ke Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, NTT, Maluku Utara, hingga Papua Barat.

“Tentu saja kami tidak dapat bekerja sendirian. Untuk menyukseskan misi kami diperlukan bantuan dan dukungan dari para mitra, kolaborator, pemerintah, dan seluruh masyarakat Indonesia. Lewat kolaborasi, kami dapat memperluas jangkauan kami untuk mengajak semua orang memakai dan berbagi masker kain,” Kevin menambahkan.

Mengenal Masker untuk Indonesia

Masker untuk Indonesia, gerakan yang mendukung upaya pemerintah dalam menyediakan masker kain bagi semua masyarakat Indonesia.

Terlahir dari kolaborasi para pelaku industri kreatif yang peduli akan kesehatan dan keamanan bangsa dengan mencegah penyebaran virus corona dan menggerakan roda kreativitas serta produktivitas UMKM Indonesia.

Mengenal ATLAS

ATLAS adalah sebuah perusahaan rintisan yang bertujuan untuk mendefinisikan pengalaman berbelanja dan industri ritel di Indonesia.

ATLAS didirikan oleh Archie Carlson, Garry Limanata, Sugito Alim, dan Hartanto Alim pada tahun 2019, menyajikan vending machine pintar yang memberikan kemudahan bagi penggunanya dengan fitur seperti pembayaran berbasis teknologi QR dan real-time analytics performa penjualan, hingga beriklan lewat layar LEDnya.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.