Resmi, Huawei Jual Merk "Honor"

Teknologi Nov 18, 2020

Reuters melaporkan bahwa raksasa teknologi Tiongkok, Huawei menjual salah satu lini ponselnya, Honor kepada sebuah konsorsium yang terdiri dari 30 agen dan dealer. Lini ponsel ini selanjutnya akan berada di bawah naungan Shenzen Zhixin New Information Technology sebagai konsorsium baru.

Selama bersama Huawei, Honor adalah lini ponsel Huawei versi murah. Setelah proses transisi berhasil, Huawei secara otomatis tidak lagi memiliki Honor. Kesepakatan berisi segala hal mulai dari R&D, manajemen suplai, hingga semua aset Honor. Honor memperkerjakan lebih dari 7000 karyawannya.

Dalam pernyataan yang disiarkan dalam surat kabar Shenzhen Special Zone Daily sebagaimana dikutip dari XDA Developers, pembelian ini dimaksudkan untuk menjaga roda industri Honor. Tidak ada perubahan signifikan selepas pergantian kepemilikan ini, dan proses produksi akan berjalan seperti biasa.

Pernyataan proses jual beli merk Honor antara Huawei dan konsorsium baru (sumber: Wenbo, XDA Developers)

Penjualan ini diperkirakan akibat dari sanksi yang diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat, yang menyebabkan Huawei kesulitan untuk mendapat suplai SoC chip dari TSMC. Mau tidak mau Huawei harus memproduksi chip mereka sendiri atau mendapat suplai chip dari perusahaan yang berbasis di negaranya. Dan untuk melakukannya, Huawei butuh kucuran dana yang tidak sedikit.

Dilaporkan, penjualan merk Honor kepada konsorsium baru ini mencapai harga 15,2 Dollar Amerika. Dan rencananya, dalam 3 tahun kedepan, Honor akan bersiap untuk melantai di Bursa Efek.

Huawei sendiri akan tetap berfokus pada produksi ponsel flagship mereka. Sementara Honor tetap menyasar pasar ponsel mid-range dunia.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.