Intel Luncurkan Inovasi Iris Xe Max Graphics dan Deep Link

Teknologi Nov 24, 2020
Grafis Intel Iris Xe MAX, dibuat berdasarkan proses 10nm SuperFIN dari Intel, mengenalkan teknologi Intel Deep Link, yang mendukung kreativitas di laptop tipis dan ringan dengan menggabungkan beberapa mesum pemrosesan dan kerangka perangkat lunak, berikut dengan driver grafis umum. (Sumber: Intel Corporation)

Intel meluncurkan grafis Intel® Iris® Xe MAX, yang didesain untuk laptop tipis dan ringan dan kini tersedia melalui partner Intel.

Grafis Intel Iris Xe MAX berbasiskan micro-arstitektur yang sama dengan seri Xe-LP digunakan untuk Intel pada grafis Iris Xe di Intel® Core™ Generasi ke-11.

Ini merupakan discrete graphics performance unit (GPU) berbasis Xe pertama Intel, yang juga merupakan bagian dari strategi perusahaan tersebut untuk memasuki pasar discrete graphics.

Chipset Intel Iris Xe MAX Graphics dengan teknologi Deep Link (Intel Corporation).

Platform Iris Xe MAX dilengkapi dengan fitur teknologi Intel® Deep Link sebagai bagian dari Intel Adaptix™, mendukung PCIe Gen 4 dan menjawab kebutuhan yang mendesak untuk performa kreasi konten di laptop yang tipis dan ringan.

“Kami berangkat dari keinginan untuk mendefinisikan kembali peran discrete graphics di laptop yang tipis dan ringan, serta untuk melayani segmen kreator yang sedang tumbuh dan membutuhkan segalanya lebih ringkas. Grafis Iris Xe MAX dan teknologi Intel® Deep Link menjadi contoh bagaimana Intel menawarkan inovasi di setiap level platform yang Intel ingin berikan ke pasar masa depan, bersamaan dengan roadmap Xe kami.” - Roger Chandler, vice president dan general manager dari Client XPU Product and Solutions, Intel Architecture, Graphics and Software Group.

Pentingnya Peluncuran Baru Ini

Tampilan depan platform Intel Iris Xe MAX (Intel Corporation).

Pada Intel Architecture Day, Intel mengumumkan bahwa mikroarsitektur Xe-LP akan meningkatkan performa pada platform mobile.

Intel Iris Xe graphics telah menjadi katalis pada pengalaman visual mobile PC bersama dengan prosesor Intel Core Generasi ke-11, membawa kualitas grafis yang hemat energi dengan media, tampilan dan AI terdepan.

Baca juga: Pamit, Intel Jual Divisi SSD dan Memori ke SK Hynix

Inovasi dan kepemimpinan Intel berlanjut dengan memadukan prosesor mobile Intel Core Generasi ke-11 dengan grafis Intel Iris Xe dan grafis Intel Iris XeMAX untuk menawarkan pengalaman baru dan menyediakan akses terhadap framework piranti lunak yang lebih terbuka dan umum bagi para pengembang, sekaligus menyederhanakan pendistribusian driver dan validasi untuk konsumen.

Demonstrasi kemampuan Intel Deep Link melakukan transcode di Handbrake (Intel Corporation).

Deep Link mengagregasi beberapa proses mesin melalui framework software yang umum untuk memberikan kapabilitas baru dan performa PC yang lebih baik.

Platform ini membuka peluang kreativitas pada laptop yang tipis dan ringan dengan memaksimalkan performa CPU, meningkatkan performa kecerdasan buatan (AI) dan membawa proses encode di industri ke ranah yang baru.

Teknologi Deep Link mengumpulkan proses mesin di bawah sebuah framework softwareyang umum, membuat para pengembang software untuk meningkatkan performa workloads kreasi konten secara signifikan.

Aplikasi dapat mengatur beban kerja (workload) baik pada integrated graphics maupun discrete graphics. Contohnya:

● Sebuah kemampuan AI aditif memungkinkan inferencingdan rendering pada kedua GPU untuk mengakselerasi workload kreasi konten

● Kombinasi daripada mesin encodeterbaik di industri di setiap GPU melalui hyper encoding meminimalisir waktu yang dibutuhkan untuk sharing atau merender video untuk review

Aplikasi-aplikasi pertama yang menggunakan teknologi Deep Link menggunakan Intel®Media SDK, Intel® Distribution of OpenVINO™ toolkit dan Intel® VTune™ Profiler untuk mengakses kemampuan maksimal daripada platform tersebut.

Developers juga dapat memanfaatkan teknologi Deep Link dengan menggunakan Intel oneAPI toolkits lintas-arsitektur. Developers yang tertarik untuk mengakses teknologi Deep Link dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Sudah Tersedia pada Akhir Tahun 2020

ASUS VivoBook Flip TP470 (Intel Corporation).

Grafis Intel® Iris® XeMAX saat ini sudah tersedia pada Acer Swift 3x, Asus VivoBook Flip TP470 dan Dell Inspiron 15 7000 2 in 1. Ini merupakan sebagian perangkat pertama yang memanfaatkan prosesor Intel Core Generasi ke-11, grafis Intel Iris Xe MAX  dan teknologi Intel Deep Link.

Baca juga: [#MedForiansJournalism] Ini 5 Rekomendasi Laptop Murah untuk Belajar di Rumah!

Penggabungan prosesor Intel Core Generasi ke-11 dengan Intel Iris Xe MAX graphics menghadirkan Additive AI untuk menghasilkan kreasi berbasis AI 7 kali lebih cepat dari laptop serupa dengan konfigurasi grafis pihak ketiga, dan Hyper Encode dengan proses encode hingga 1,78 kali lebih cepat dari pada kartu grafis desktop kelas atas.

Dell Inspiron 15 7000 (Intel Corporation).

Dynamic Power pada teknologi Deep Link memungkinkan semua daya dan sumber daya termal didedikasikan untuk CPU saat discrete graphics non-aktif, menghasilkan kinerja CPU hingga 20% lebih baik3 saat kreator melakukan pekerjaan berkelanjutan seperti menjalankan render akhir.

Intel Iris Xe MAX graphics juga menghadirkan pengalaman bermain game popular dengan resolusi 1080p yang luar biasa di laptop tipis dan ringan.

Intel mendukung pengalaman bermain game dengan menghadirkan dua fitur baru: Game Sharpening dan Instant Game Tuning. Fitur ini akan tersedia melalui Intel® Graphics Command Center.

Setelah Ini, Ada Apa Lagi?

Arsitektur Xe merupakan arsitektur grafis terukur yang akan menjangkau pasar yang luas, dari integrated graphics pada entry-level discrete graphics hingga pada gaming kelas atas dan pusat data untuk beban kerja HPC dan AI.

Selain mobile, Intel juga bekerja sama dengan mitranya untuk menghadirkan discrete graphicsberbasis Xe-LP untuk memberikan value pada desktop pada semester pertama tahun 2021.

Intel meningkatkan pengalaman visual computing untuk milyaran penggunanya bersamaan dengan pengembangan produk arsitektur Xe dan software initiatives, dengan Server GPU Intel berbasis Xe-LP yang hadir pada tahun ini dan produk  Xe-HP serta Xe-HPG yang hadir pada tahun 2021.

Artikel ini merupakan rilis pers dari Intel Corporation. Tulisan yang dimuat pada laman ini tidak semata-mata mewakili sudut pandang dan kebijakan editorial Media Formasi.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.