Kamu Bisa Mencari Lagu di Google Hanya dengan Bergumam!

Teknologi 24 Nov 2020

Google sebagai situs mesin pencarian kembali meningkatkan kemampuannya. Ya, kamu bisa mencari lagu kesukaanmu hanya lewat gumaman melalui aplikasi Google terbaru. Google meningkatkan kemampuan pencarian cerdasnya yang sebelumnya harus mendengar sepatah dua patah lagu sesuai dengan apa yang "didengar".

Pembaruan terbaru ini dapat membantu mencari lagu tanpa perlu mendengar musiknya secara langsung. Sesuai untuk yang mengetahui nadanya saja tanpa mengetahui lirik dan judulnya, bahkan jika lagu tersebut terus terngiang di kepala.

Hanya dengan mengatakan pada Google "Lagu apakah ini?" atau dengan menekan tombol "Cari Lagu" kemudian bergumam selama 10-15 detik, lalu Google secara otomatis akan mencari lagu dengan nada yang tepat dengan gumamanmu!

Dalam blognya, Google menjelaskan secara lengkap bagaimana bisa sebuah lagu dapat dicari hanya dengan gumaman. Google memanfaatkan machine learning yang dapat mencocokkan nada gumaman, nyanyian, atau siulan dengan versi studio dari lagu yang ingin dicari.

Sebuah video diunggah di kanal YouTube resmi Google, menampilkan seseorang bergumam untuk mencari lagu milik Lil Nas X berjudul "Old Town Rock". Secara otomatis, Google dapat menemukan lagu tersebut.

Fitur pencarian lagu dengan suara ini bukan kali pertama dikembangkan. Sebelumnya kita sudah mengenal Shazam atau aplikasi serupa, yang dapat mendeteksi judul lagu dan artisnya secara tepat.

Fitur baru Google ini baru tersedia dalam bahasa Inggris untuk iOS dan sudah lebih dari 20 bahasa di Android. Google akan terus mengembangkan fitur ini, dan semoga bisa mendukung Bahasa Indonesia juga~

Sudah ada yang mencobanya? Yuk bagikan pendapatmu lewat kolom komentar~

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.