Microsoft akan 'Paksa' Upgrade Windows 10 Versi Lawas

Teknologi 16 Nov 2020

Windows 10 kini tidak lagi diperlakukan sebagai software, melainkan sebagai sebuah layanan. Ini yang membuat Microsoft selalu memperbarui Windows 10.

Meskipun demikian, banyak pengguna yang enggan atau tidak mampu untuk memperbarui mesinnya ke versi terbaru Windows 10 dengan berbagai alasan. Namun mau tidak mau tampaknya pengguna harus siap "dipaksa" upgrade Windows 10 ke versi terbaru.

Pasalnya, dalam beberapa pekan kedepan, Microsoft akan memulai upgrade paksa dari Windows 10 versi 1903 ke versi baru yang lebih disesuaikan dengan perangkat, seperti Windows 10 1909.

Namun, jika perangkat kalian tidak mendukung untuk versi 2004 atau 20H2, kalian tidak akan menerima upgrade paksa keatas versi 1909.

Jika kalian berada di versi 1909, kalian mulai menerima upgrade paksa pada Mei 2021 ke versi 2004. Karena Microsoft akan mengakhiri dukungan Windows 10 versi 1909 pada Mei 2021.

Kebijakan end of service ini berlaku untuk pengguna Windows 10 Home dan Pro, namun pengecualian untuk pengguna Enterprise dan Education yang tetap mendapatkan dukungan dari Microsoft hingga dua tahun kedepan.

Apa yang Baru di Windows 10 20H2?

Sebelumnya, Microsoft telah merilis update terbaru Windows 10 pada akhir tahun ini dengan judul Windows 10 Version 20H2 atau October 2020 Update.

Pada update ini tidak seperti sebelumnya yang membawakan sangat banyak fitur, namun disini lebih fokus kepada beberapa perubahan kecil dan lebih fokus kepada perbaikan bug dan peningkatan performa.

Hal ini sudah menjadi kebiasaan perusahaan asal Amerika Serikat tersebut yaitu dengan merilis update yang berfokus pada performa pada akhir tahun (Fall Update).

Pertama-tama, peramban bawaan di Windows 10 sekarang berubah menjadi Microsoft Edge versi chromium. Walau sebenarnya pengguna bisa melakukan update untuk mengganti versi Edge, sekarang tidak perlu repot karena sudah menjadi bawaan sistem.

Kedua, logo yang ditampilkan pada menu Start berubah dari sebelumnya yang sifatnya "flat" menjadi sedikit lebih berwarna.

Tampilan start menu di Windows 10 20H2 (Windows Central).

Hal-hal lain dibelakang layar yang berubah terdapat mulai dari sistem update hingga pembaruan keamanan lainnya. Dengan pembaruan kebijakan dan proses seperti pada Windows Defender, Windows Hello, Windows Sandbox, perangkat komputer akan lebih aman dari akses tidak diinginkan.

Kamu bisa membaca dokumentasi penuh update terbaru Windows 10 20H2 pada laman ini.

Tidak perlu takut untuk melakukan update karena dari pandangan end-user tidak terjadi perubahan masif.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.