Mulai Juni 2021, Google Photos Tak Lagi Sediakan Unlimited Storage

Teknologi 12 Nov 2020

Setelah lima tahun menawarkan pencadangan foto berkualitas tinggi dengan penyimpanan tak terbatas, Google Photos nampaknya akan segera memberhentikan fitur andalannya tersebut.

Google mengumumkan mulai 1 Juni 2021 semua foto yang diunggah ke Google Photos setelah tanggal tersebut akan memakai kuota 15 GB yang diberikan ke setiap akun Google.

Semua foto yang diunggah sebelum tanggal tersebut tidak akan dihitung ke dalam kuota tersebut. Google juga akan memberitahukan pengguna jika mereka hampir mencapai batas tersebut.

Jika batas 15 GB telah terpenuhi, maka pilihan pengguna adalah mengupgrade akunnya ke layanan Google One atau menggunakan layanan pencadangan foto lain.

Sebelumnya, Google telah menghitung foto yang diunggah dengan "resolusi asli" ke dalam kuota 15 GB tersebut. Layanan penyimpanan tak terbatas ini dimaksudkan untuk foto dengan "kualitas tinggi" (yang telah dikompresi oleh Google).

Pengguna Google Pixel masih tetap dapat menikmati layanan pencadangan foto unlimited ini setelah 1 Juni, meskipun ini tidak seperti penawaran awal Google yang memungkinkan pengguna Pixel mengunggah foto dengan resolusi asli tanpa batas.

Mengapa?

Dalam pernyataannya, Google melakukan perubahan ini untuk "memenuhi kebutuhan pengguna untuk jangka panjang".

Hari ini, lebih dari 4 triliun foto disimpan dalam Google Photos, dan setiap minggunya ada 28 milyar foto baru yang diunggah.

Google menyebutkan bahwa mereka telah menyediakan kapasitas penyimpanan gratis terbesar dibandingkan layanan serupa lainnya. Setiap akun Google diberikan penyimpanan 15 GB dibandingkan dengan kapasitas 5 GB di iCloud dan OneDrive.

Google juga mengatakan 80% pengguna tidak akan memenuhi batas 15 GB tersebut dalam waktu setidaknya 3 tahun.

Ini juga menjadi alasan Google Photos nantinya akan menampilkan sisa kapasitas penyimpanan dengan waktu ketimbang dengan ukuran.

Tak hanya memberhentikan layanan unlimited storage, perubahan kebijakan lain juga diberlakukan untuk akun yang tidak aktif.

Kedepannya, Google akan menghapus konten seperti email, foto, dan file yang disimpan ke Drive dalam akun yang tidak aktif selama 2 tahun. Untuk mencegah penghapusan ini, pengguna disarankan untuk mengakses layanan Google dengan akun mereka.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.