Punya Nama "Mirip" Joe Biden, Walikota dari Jepang Ini Jadi Viral!

Pop Kultur 10 Nov 2020

Pemilihan umum di Amerika Serikat telah usai. Presiden AS terpilih, Joe Biden berhasil mengalahkan Donald Trump sebagai presiden petahana.

Meskipun demikian, hiruk pikuk pemilu Amerika Serikat belum usai. Tak hanya di Amerika Serikat saja, namun juga di seluruh dunia dan tak terkecuali Jepang.

Masih terkait dengan Pemilu AS, sebuah kejadian unik terjadi di prefektur Kumamoto. Seorang walikota di sana mendadak viral akibat namanya yang bisa dibilang "mirip" Joe Biden.

Dikutip dari SoraNews24, Walikota Yamato, Prefektur Kumamoto ini sebenarnya bernama lengkap Yutaka Umeda (ditulis dengan kanji: ā€œę¢…ē”°ē©£ā€).

Kok Bisa Mirip Joe Biden?

Lalu apa yang membuat namanya menjadi mirip seperti Joe Biden?

Di Jepang, huruf kanji dapat dibaca dengan dua ejaan. Kanji yang digunakan oleh nama walikota tersebut selain dapat dibaca dengan Yutaka Umeda namun juga dapat dibaca dengan ejaan lain.

Dua huruf pertama dalam namanya (ā€œę¢…ē”°ā€) dapat dibaca sebagai Ume ("plum") dan Da ("sawah"). Namun kedua huruf tersebut juga dapat dibaca sebagai Bai dan Den.

Lebih menariknya lagi, kanji yang digunakan sebagai nama depannya, Yutaka ("ē©£") seringkali dibaca sebagai Jo ketimbang Yutaka. Sehingga muncullah nama Baiden Jo yang jika ditulis mengikuti standar nama barat menjadi Jo Baiden.

Jadi Terkenal Mendadak

Umeda sendiri baru mengetahui kemiripan namanya dengan presiden terpilih AS tersebut setelah anak tirinya memberitahukan jika namanya menjadi viral dan diperbincangkan di dunia maya.

Wa;ikota yang berusia 4 tahun lebih muda dari Biden ini mengatakan bahwa kanji yang digunakan sebagai namanya sudah lama jadi "gangguan" bagi dirinya. Ini karena kanji tersebut merupakan kanji yang jarang digunakan sehingga banyak orang yang salah membacanya.

Tambahnya, hanya 1000 orang yang dapat membaca namanya sebagai Yutaka dalam sekali pertemuan. Siapa sangka jika kesalahan penyebutan namanya kini menjadi viral.

Menurutnya, kesalahan penyebutan namanya ini diharap dapat menjadi kebaikan bagi kota yang ia pimpin saat ini. Ia berharap nama Kota Yamato dapat lebih diketahui di Jepang dan seluruh dunia.

Umeda (alias Baiden) akan senang sekali jika bertemu dengan Presiden Biden yang asli. Ia juga berharap kedepannya Joe Biden dapat datang ke kota Yamato dan mencoba melihat perkebunan sayur organik di sana. Bahkan jika memungkinkan Kota Yamato dapat mengekspor sayur mereka ke Amerika Serikat.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.