Qualcomm Luncurkan Snapdragon 888, Siap Jadi Chip Andalan Flagship Tahun 2021

Teknologi 8 Des 2020
Ilustrasi prosesor terbaru Qualcomm Snapdragon dengan kemampuan 5G (Foto: AnandTech).

Qualcomm perkenalkan prosesor terbaru besutan mereka, Snapdragon 888 dalam ajang Snapdragon Tech Summit yang berlangsung mulai kemarin (1/12).

Ya, bukan 875, melainkan 888. Qualcomm lebih memilih penamaan 888, bukan Snapdragon 875 seperti dirumorkan dan tidak mengikuti tradisi sebelumnya yang menggunakan akhiran angka lima.

Prosesor ini ditujukan bagi ponsel kelas flagship, yang akan dipasangkan dengan modem 5G Snapdragon X60.

Modem ini mendukung multi-kartu SIM, meningkatkan kecepatan transmisi data, dan mendukung Dynamic Spectrum Sharing yang mampu meningkatkan dukungan terhadap jaringan 4G.

Bukan hanya soal konektivitas saja yang diunggulkan, prosesor ini juga mendapat fitur Snapdragon Elite Gaming, tentu saja untuk meningkatkan performa saat bermain game kesukaanmu.

Selain itu juga, prosesor ini dibekali peningkatan performa grafis, yang mendukung frame rate hingga 144fps.Buat yang suka foto-foto dengan ponsel, prosesor ini juga membawa peningkatan image processing Spectra, yang mampu memproses gambar dengan resolusi 12MP 120 gambar per detik.

Vendor ponsel yang "gercep" dan paling semangat untuk menggunakan prosesor ini di ponsel flagship besutan mereka adalah Xiaomi.

Dilansir dari Kompas Tekno,  CEO Xiaomi, Lei Jun, mengumumkan bahwa Xiaomi akan jadi yang pertama yang menggunakan Snapdragon 888 untuk ponsel flagship mereka, Mi 11.

Dikabarkan, Mi 11 akan diluncurkan pada Januari tahun depan.

Selain Xiaomi, pabrikan ponsel lain yang bakal menggunakan chip Snapdragon 888 antara lain adalah Black Shark, Nubia RedMagic, Oppo Find X series, Realme, LG, Vivo, iQOO, dan OnePlus.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.