Sah! Indosat Ooredoo Tandatangani MoU dengan Tri, Isu Merger Makin Menguat

Teknologi 28 Des 2020

Setelah teka-teki kesepakatan merger antara Indosat Ooredoo dengan Tri Indonesia berhembus kencang, kabar tersebut kini mulai terbuka.

Ooredoo QPSC, perusahaan asal Qatar yang merupakan pemegang saham pengendali Indosat Ooredoo (PT. Indosat Tbk) menyatakan bahwa perusahaannya telah menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan CK Hutchison Holdings Limited (CK Hutchison), pemilik Hutchison 3 Indonesia.

Tidak Spesifik Menyebutkan Merger

Dilansir dari CNBC Indonesia, MoU tersebut sehubungan dengan rencana potensi transaksi untuk mengkombinasikan dua perusahaan telekomunikasi di Indonesia yakni, PT Indosat Tbk dan PT Hutchison 3 Indonesia, anak usaha dari CK Hutchison. Kendati demikian, mereka tidak spesifik memakai kata merger.

Bagaimanapun, MoU yang ditandatangani tersebut bersifat eksklusif dan tidak mengikat secara hukum. Masa eksklusivitas MoU tersebut berlaku hingga 31 April 2021.

"Ooredoo sedang dalam tahap awal menilai manfaat dari transaksi potensial tersebut. Sebagai bagian dari strategi perusahaan, kami secara teratur meninjau prioritas strategis dan posisi pasar kami di semua operasi kami, dan kontribusinya terhadap Grup Ooredoo," tulis manajemen Ooredoo, dalam siaran pers yang diperoleh CNBC Indonesia, Senin (28/12/2020).

Tidak Ada Kesepakatan yang Mengikat

Manajemen Ooredoo menekankan, tidak ada kesepakatan yang mengikat sehubungan dengan kemungkinan konsolidasi yang telah dibuat pada tanggal pengumuman tersebut dan perusahaan akan membuat pengumuman lebih lanjut.

Isu telah Berhembus sejak Pekan Lalu

Wacana merger ini sebelumnya telah mengemuka sejak pekan lalu. Bloomberg memberitakan, raksasa keuangan asal Hong Kong, CK Hutchison Holdings Ltd. dikabarkan telah mendekati kesepakatan dengan Ooredoo QPSC asal Qatar, berkaitan dengan rencana konsolidasi operasi telekomunikasi dua anak usaha mereka di Indonesia: Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 (Tri) Indonesia.

"CK Hutch sedang dalam pembicaraan lanjutan untuk menggabungkan bisnis telekomunikasi di Indonesia dengan PT Indosat, menurut sumber Bloomberg yang mengetahui rencana ini, dikutip Selasa (22/12/2020).

Hutchison memiliki bisnis operator Tri yakni PT Hutchison 3 Indonesia (Tri Indonesia). Sementara itu, Ooredoo memiliki sekitar 65% saham Indosat yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Tag

Andhika Rizky Reihansyah

Broadcasting, Tech and Design Geek

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.