AMD Luncurkan Prosesor Mobile Ryzen 5000 Series di CES 2021

Teknologi 13 Jan 2021

Pada ajang Consumer Electronics Show (CES) yang digelar secara virtual tahun 2021 ini, AMD kembali menajamkan taringnya di pasar prosesor PC. Kali ini, mereka meluncurkan prosesor mobile Ryzen 5000 Series baru.

Prosesor yang diluncurkan dalam lini Ryzen 5000 tersebut didasari oleh arsitektur Zen 3 yang sama dengan versi desktop-nya yang telah meluncur lebih dulu pada Oktober 2020.

CEO Advanced Micro Devices, Dr Lisa Su bahkan mengklaim prosesor ini adalah prosesor PC paling bertenaga yang pernah diciptakan.

SKU dari Ryzen 5000 Series Baru

Dikutip dari InfoKomputer, secara keseluruhan ada 13 SKU yang diperkenalkan dimana dua SKU merupakan seri HX, empat SKU seri HS, dua seri H, dan lima seri U. Kode H menandakan bahwa prosesor tersebut menawarkan performa tinggi yang biasanya menggunakan daya 45 watt.

Sementara kode seri HS ditujukan untuk perangkat tipis seperti laptop. Prosesor dengan kode seri HS menggunakan daya 35 watt dan clock speed yang lebih kecil.

Untuk kode seri HX merupakan SKU tertinggi untuk laptop gaming dan kreator profesional. Kemudian seri U sendiri ditujukan untuk laptop tipis dan ringan yang menawarkan kombinasi antara performa dan efisiensi daya.

Sumber: The Verge

Ryzen 5000 Diklaim Sebagai Prosesor PC Tercepat

Pada presentasi tersebut, Dr Lisa Su sendiri mengunggulkan prosesor Ryzen 9 5900HX dan Ryzen 9 5980HX.

Dikutip dari The Verge, Kedua prosesor HX tersebut adalah pendatang baru di seri-H, yang menurut AMD ditujukan untuk "performa gaming serius". AMD mengklaim bahwa notebook gaming dengan prosesor Ryzen 9 5900HX-nya akan menjadi "notebook gaming terbaik di tahun 2021".

Ryzen 9 5900HX memiliki 8 inti dan 16 threads, 20 MB cache, TDP 40W+, serta boost clock yang mencapai frekuensi 4,6 GHz.

AMD juga menunjukkan performa Ryzen 7 5800U yang dibekali dengan 8 inti, 16-thread, dengan clockspeed 1.9GHz yang dapat dioverclock hingga 4.4 GHz. AMD mengklaim bahwa chip ini memberikan "produktivitas tercepat di notebook ultra tipis".

Perusahaan yang dijuluki "Tim Merah" ini juga mengklaim prosesor 5800U dapat memberikan daya tahan baterai hingga 17,5 jam untuk penggunaan umum dan hingga 21 jam untuk menonton film.

Dr Lisa Su memprediksi nantinya akan ada lebih dari 150 jenis laptop yang akan menggunakan prosesor Ryzen 5000 series ini.

Laptop yang ditenagai oleh prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series akan tersedia dari produsen PC seperti Asus, HP dan Lenovo. Rencananya laptop dari produsen tersebut akan dipasarkan mulai kuartal pertama atau sekitar Februari 2021.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.