CEO Intel Bob Swan akan Mundur, Digantikan CEO VMware Pat Gelsinger

Teknologi Jan 14, 2021

Masa jabatan CEO Intel, Bob Swan dikabarkan akan berakhir pada 15 Februari mendatang. Posisi yang ia jabat saat ini selanjutnya akan digantikan oleh Pat Gelsinger, CTO pertama perusahaan silikon tersebut.

"Pengumuman hari ini tidak terkait dengan kinerja keuangan Intel tahun 2020," tegas Chipzilla, sebutan untuk Intel, sambil dengan berani menunjukkan "kemajuan kuat" yang dibuat dalam pencariannya untuk teknologi proses 10nm dan 7nm.

Dilansir dari The Register, Swan mengambil alih posisi CEO di Intel pada 2019 setelah melakukan pekerjaan sementara setelah kepergian Brian Krzanich. Selama ia menjabat, Intel mengalami banyak gonjang-ganjing. Yang terkenal adalah, keputusan Apple untuk tidak lagi menggunakan chip besutan Intel, dan mulai beralih ke arsitektur ARM dengan membangun prosesor sendiri.

Pat sendiri saat ini menjabat sebagai CEO dari VMware. Sebelum menjejakkan kakinya di VMware, ia menjadi CTO pertama Intel, sebelum hengkang ke berbagai perusahaan teknologi lainnya. Pat juga memiliki andil dalam desain prosesor tipe Core dan Xeon.

Sebelum pindah kantor, Pat akan tetap menjabat di VMware hingga 12 Februari mendatang. Michael Dell, Ketua Dewan VMware, berterima kasih kepada Pat atas jasanya dan berkata: "Pat memimpin pertumbuhan dan ekspansi perusahaan yang luar biasa dan membangun fondasi yang kokoh untuk inovasi masa depan."

CFO VMware, Zane Rowe, telah ditunjuk sebagai CEO sementara hingga VMware mencari penggantinya. Rowe mencatat bahwa pendapatan VMware memperoleh peningkatan hampir tiga kali lipat selama masa Gelsinger.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.