CIA Luncurkan Branding Baru, Jadi Bahan Olokan di Media Sosial

Kreasi 6 Jan 2021

Badan Intelijen Amerika Serikat, Central Intelligence Agency (CIA) baru saja meluncurkan branding baru pada Senin (4/1) lalu. Perubahan branding tersebut menjadi salah satu desain baru pembuka tahun 2021 ini.

Untuk sebuah badan Intelijen sekelas CIA yang merupakan organisasi federal AS, branding baru CIA secara sekilas memang terlihat nyeleneh namun keren.

Pertama-tama, CIA benar-benar mengubah image mereka dari sebelumnya yang memiliki gaya yang serupa dengan organisasi pemerintahan AS lainnya menjadi lebih "modern".

Branding baru tersebut dapat dilihat dari desain situs resmi dan akun media sosial mereka.

Tampilan situs CIA yang serba modern

Tujuan rebranding ini sendiri dikonfirmasi langsung oleh Gina Haspel, Direktur CIA. Dikutip dari Associated Press, perubahan branding ini ditujukan untuk diversifikasi perekrutan calon intelijen CIA.

Menurutnya, saat ini CIA kekurangan pegawai yang berasal dari latar belakang minoritas. Harapannya dengan pembaruan branding ini nantinya akan lebih banyak orang dari berbagai macam latar belakang yang tertarik untuk menjadi anggota intelijen CIA.

Logo Baru CIA?

Satu hal yang menjadi sorotan netizen adalah logo baru yang muncul di situs CIA. Ketika mengklik ikon menu, emblem baru muncul di bagian kanan bawah layar.

Emblem baru CIA yang muncul di situs resminya

Masih dengan bentuk emblem lingkaran, kini CIA tidak lagi memunculkan burung elang dan perisai di logonya. Kini inisial "CIA" yang menggantikan simbol tersebut. Pita bertuliskan "United States of America" juga turut dihilangkan.

Warna emblem yang digunakan berubah menjadi hitam, dari yang sebelumnya berwarna biru, dengan corak bergaris. Font yang digunakan juga tidak kalah nyeleneh. Berubah dari gaya serif menjadi sans-serif a la cyberpunk.

Meski logo dan branding modern untuk sebuah organisasi pemerintahan sudah sering ditemui di belahan dunia lain, branding organisasi pemerintahan dengan gaya seperti ini mungkin baru digunakan oleh CIA.

Satu hal yang pasti, logo tersebut sebenarnya bukan logo resmi dari CIA. Hal ini terbukti dari logo yang digunakan pada header website.

Tuai Komentar Netizen

Meski demikian, reaksi netizen ketika melihat branding baru CIA ini sudah dapat ditebak.

Banyak yang beranggapan branding baru ini tidak melambangkan CIA sebagai badan intelijen. Bahkan banyak yang berpendapat branding baru ini terlihat seperti label musik ketimbang organisasi mata-mata.

Apakah kalian juga merasakan hal yang sama? Atau mungkin kalian menyukai branding baru CIA ini? Bagikan pendapat kalian di kolom komentar!

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.