Huawei akan Hadirkan Penerus Kirin 9000, Jadi Chipset 3nm Pertama?

Teknologi 3 Jan 2021

Sempat dikabarkan pengembangannya terhambat akibat sanksi yang diterapkan oleh Amerika Serikat terhadap Tiongkok, Huawei seakan tidak kehabisan akal untuk mencari pasokan prosesor untuk ponsel besutan mereka.

Dikabarkan oleh Gizmochina, kali ini sebuah bocoran terkait prosesor terbarunya, yang akan dinamai Kirin 9020, bocor. Bocoran ini diunggah oleh akun Twitter @RODENT950. Kirin 9020 akan jadi penerus Kirin 9000 sebagai prosesor untuk ponsel kelas flagship Huawei.

Sebelumnya, ia mengatakan jika chip ini akan dinamai Kirin 9010, namun dalam balasan cuitan tersebut, ia mengoreksi dan menyebut jika chip ini akan dinamai Kirin 9020.

Ia menambahkan, jika chip Kirin 9010 adalah chip 5nm lain, yang juga dalam pengembangan.

Kirin 9020 akan jadi chipset 3nm pertama Huawei, dan kemungkinan jadi yang pertama di dunia. Diduga, chip ini akan digunakan untuk seri Huawei Mate 50, yang akan meluncur pada kuartal ke-4 tahun ini.

Sebenarnya, selain Huawei, Qualcomm, dan Samsung juga tengah mengembangkan chipset 3nm mereka sendiri. Begitupun dengan Apple yang mana chip mereka dikembangkan oleh TSMC. Namun, pihak TSMC memberi kabar bahwa chipset 3nm baru akan hadir 2022 mendatang.

Ini akan jadi kesempatan Huawei untuk jadi yang pertama yang menggunakan chipset 3nm. Seolah menepis kabar jika Mate 40 jadi yang terakhir yang menggunakan Kirin, Huawei dikabarkan akan merilis P50 yang juga akan menggunakan Kirin 9000 series. Jika tidak ada halangan, Huawei bisa saja merilis seri Mate 50 dengan chip baru ini.

Sebelumnya, Kirin 9000 jadi prosesor 5nm pertama untuk perangkat Android, disusul Exynos 1080 dan Snapdragon 888.

Hingga sekarang, belum ada konfirmasi dari pihak Huawei berkaitan dengan bocoran ini.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.