Intel Dikabarkan Akan Gandeng TSMC dan Samsung untuk Produksi Chipnya

Teknologi 9 Jan 2021

Di tengah melesatnya chipset buatan AMD di ranah prosesor x86 tradisional dan makin populernya arsitektur ARM di kancah teknologi saat ini memaksa Intel untuk berbenah.

Dikutip dari Bloomberg, sumber internal Intel mengungkapkan bahwa produsen prosesor asal AS tersebut tampaknya akan mulai meng-outsource produksi prosesor mereka.

Demi Prosesor yang Lebih Canggih

Intel kabarnya akan menggandeng Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) dan Samsung untuk memperbaiki performa produksi mereka. Kedua perusahaan tersebut sudah berpengalaman dalam memproduksi prosesor dengan arsitektur 7nm, yang masih belum diproduksi Intel hingga sekarang.

Meski demikian, prosesor Intel yang diproduksi TSMC kemungkinan tidak akan dijual ke pasaran hingga tahun 2023, dan masih akan menggunakan proses produksi yang telah ada sebelumnya. Saat ini Intel masih menjajaki kerjasama tersebut.

Sedangkan untuk kerjasama dengan Samsung justru masih dalam tahap awal pembicaraan. Proses produksi prosesor Samsung sendiri didasari oleh proses dari TSMC.

Sumber internal tersebut mengatakan outsourcing ini masih didasari oleh pernyataan CEO Intel, Bob Swan dalam sebuah rapat investor. Bob menyatakan bahwa Intel akan berusaha mencari solusi produksi chip yang lebih baik dengan outsourcing.

Mengapa?

Di bawah kepemimpinan Jim Keller, desainer Intel beralih ke pendekatan yang lebih modular untuk menciptakan mikroprosesor. Ini memberikan lebih banyak fleksibilitas untuk membuat chip secara mandiri atau mengalihdayakannya.

Tetapi Keller telah meninggalkan Intel tahun lalu, dan pesaing Intel seperti AMD dan Apple, telah berhasil mengalahkan Intel dengan desain mereka sendiri yang lebih mumpuni dan dibantu oleh teknologi produksi TSMC yang lebih canggih.

Hal ini menempatkan Intel di bawah tekanan yang intens dan memaksanya untuk membuat perubahan menit-menit terakhir pada roadmap mereka sehingga mempersulit pengambilan keputusan mereka, kata sumber internal tersebut.

Perwakilan TSMC dan Samsung menolak untuk diwawancarai Bloomberg terkait hal ini.

Meski outsourcing prosesor bukan kali pertama dilakukan Intel, namun Intel selama ini memproduksi prosesor kelas atas mereka sendiri. Intel sudah lama telah mengoutsourcing prosesor kelas bawah mereka.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.