Kamu Bisa Pindahkan Riwayat Obrolanmu di Whatsapp ke Telegram!

Teknologi 28 Jan 2021

Perubahan pada kebijakan privasi Whatsapp menggegerkan jagat maya. Eksodus besar-besaran terjadi dimana-mana. Berbagai alternatif dituju, hingga jumlah pengguna aplikasi pesan singkat seperti Signal dan Telegram meningkat tajam.

Telegram sebagai salah satu tujuan eksodus besar-besaran ini menambah satu fitur menarik, yang tentu saja diharapkan untuk menarik pengguna lebih banyak lagi. Fitur terbaru tersebut memungkinkan pengguna untuk melakukan migrasi secara keseluruhan, termasuk riwayat obrolan di aplikasi pesan singkat lain.

Dikutip dari Android Authority, fitur ini baru-baru ini hadir pada update Telegram versi 7.4 untuk iOS kemarin (27/1). Namun, pihak Telegram menghapus mention fitur ini pada update versi 7.4.1. Dihapusnya mention pada catatan update ini tidak membuat fitur ini terhapus seketika. Kamu masih bisa memindahkan riwayat obrolanmu dari aplikasi lain, termasuk WhatsApp. Lalu, bagaimana caranya?

(Catatan: Untuk mentransfer riwayat obrolan WhatsApp kamu ke Telegram, kamu memerlukan versi terbaru dari kedua aplikasi. Hanya bisa dilakukan satu obrolan demi satu obrolan dan tidak bisa dilakukan bersamaan, sayangnya.)

  1. Buka WhatsApp dan ketuk obrolan yang ingin kamu ekspor.
  2. Buka menu info kontak dan pilih "Ekspor obrolan".
  3. Kamu sekarang akan melihat opsi untuk "Lampirkan Media" atau "Tanpa Media". Pilih opsi yang kamu sukai
  4. Sekarang buka Telegram dari menu berbagi dan pilih kontak yang ingin kamu tetapkan untuk obrolan yang diimpor
  5. Sekarang kamu akan melihat permintaan untuk mengimpor pesan. Pilih "Impor"

Update 29 Januari 2021 pukul 07:17 WIB: Sekarang pengguna Android juga dapat menjajal fitur baru ini.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.