Kibarkan Bendera Putih! Provider Digital Switch Tutup Layanannya

Teknologi Jan 27, 2021

Kabar terbaru dari dunia telekomunikasi Indonesia. Provider digital milik Smartfren, Switch Mobile, dilaporkan akan segera mengakhiri layanannya dalam waktu dekat.

Telah Disampaikan Sebelumnya

Head of Division Digital Content Marketing Smartfren, Lembu Wiworojati telah mengonfirmasi kabar tersebut kepada KompasTekno.

Lembu mengatakan bahwa pengumuman soal penutupan layanan Switch Mobile sudah diinformasikan sebelumnya kepada pelanggan mulai bulan Desember 2020 lalu.

"Untuk semua pelanggan Switch sejak Desember lalu sudah kita infokan tahapan demi tahapan," kata Lembu saat dihubungi KompasTekno, Selasa (26/1/2021).

Akan Segera Dialihkan ke Smartfren

Melalui tweet akun Twitter resmi Switch Mobile Indonesia, mereka juga mengatakan bahwa pengguna Switch nantinya akan dialihkan ke layanan telekomunikasi Smartfren regular. Namun, sebelum migrasi dilaksanakan, para pengguna Switch diharuskan untuk mengunduh aplikasi MySF untik menyelesaikan proses migrasi.

Proses migrasi akan berlangsung mulai 27 Januari 2021 pukul 09.00 WIB. Artinya, dalam jangka waktu tersebut, pengguna tidak dapat menggunakan jaringan maupun layanan Switch hingga proses selesai.

Semua Reward Switch Masih Bisa Digunakan Setelah Migrasi

Lembu juga memastikan bahwa seluruh reward yang didapatkan di layanan Switch Mobile seperti point, saldo hingga voucher, masih dapat digunakan setelah migrasi ke Smartfren nantinya.

Hingga kini, belum diketahui apa alasan Smartfren menutup layanan operator digitalnya tersebut.

"Untuk bermigrasi ke jaringan Smarftren, baik dari redeem point yang tidak hilang, juga semua value yang ada di Switch akan bisa digunakan di merchant-merchant Smarftfren dengan currency point yang sama," ujar Lembu.

Sebenarnya, Apa Itu Switch Mobile?

Sebagai informasi, Switch Mobile merupakan operator seluler berbasis digital, yang meluncur di Indonesia pada Maret 2020 lalu. Bisnis Switch Mobile merupakan bagian dari Sinarmas Group. Operasionalnya pun bertumpu pada jaringan operator seluler Smartfren yang sama-sama bernaung di bawah konglomerasi itu.

Namun, Switch Mobile mengaku bukan anak usaha maupun hasil joint venture dengan Smartfren. Provider digital ini menyediakan koneksi internet seluler berbasis 4G LTE.

Tag

Andhika Rizky Reihansyah

Broadcasting, Tech and Design Geek

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.