LG dan TCL Bocorkan Ponsel Dengan Layar yang Dapat 'Digulung' di CES 2021!

Teknologi Jan 13, 2021

Saat ini banyak manufaktur ponsel yang mencoba beralih dari model ponsel kotak standar ke bentuk yang lain. Yang paling terlihat saat ini adalah ponsel dengan layar lipat.

Namun sepertinya akan muncul satu lagi konsep bentuk ponsel baru yang akan segera hadir di pasaran, salah satunya adalah ponsel dengan layar gulung. Satu merek terbesar yang menunjukkan konsep ini adalah LG.

Pada ajang Consumer Electronics Show (CES) yang digelar secara virtual di tahun 2021 ini perusahaan elektronik asal Korea Selatan tersebut menunjukkan sebuah klip dimana terdapat ponsel yang dapat digulung.

Sumber klip: LG

LG sendiri tidak memberikan banyak detail mengenai ponsel ini. LG hanya menampilkan klip tersebut beberapa detik di akhir presentasi mereka. Namun dapat dilihat jika ponsel ini dapat berubah ukuran dari ukuran tablet kecil ke ukuran ponsel biasa.

Konsep ponsel gulung dari LG ini kemungkinan akan mirip dengan konsep yang diusung oleh Oppo yang telah memperlihatkan konsep ini di tahun lalu. Untuk membuka gulungan layar ponsel tersebut mungkin akan mirip seperti membuka gulungan poster dan dibantu oleh motor penggerak.

Meski Oppo telah menunjukkan konsep ponsel gulung terlebih dahulu, nampaknya ponsel gulung dari LG akan lebih dahulu diluncurkan ke pasaran.

Dilansir dari CNET, sumber internal LG mengatakan bahwa ponsel ini akan hadir ke pasaran pada tahun 2021 ini.

TCL Juga Ikut Ungkap Konsep Ponsel Gulung

Tak hanya LG saja yang siap meluncurkan ponsel gulung, nampaknya TCL yang juga sudah menunjukkan konsep 'dummy' ponsel gulung serupa juga akan meluncurkan produk serupa tahun ini.

Meski tidak banyak detail yang diketahui tentang perangkat tersebut, tetapi Tiago Abreu, kepala "X-Lab" di TCL Industrial Design Center, mengatakan dalam sebuah video bahwa perangkat tersebut dapat berubah dari ponsel 6,7 inci ke tablet 7,8 inci hanya dengan "satu ketukan jari".

Abreu juga mengatakan bahwa antarmuka pengguna di ponsel tersebut akan beradaptasi dengan perubahan ukuran layar, meskipun tidak ditampilkan akan seperti apa perubahannya.

Juru bicara TCL Brad Molen menunjukkan video yang menunjukkan bagaimana ponsel gulung dapat bekerja dalam rangkaian twitnya.

Stefan Streit, General Manager of Global Marketing TCL Phone Business mengatakan bahwa perusahaan tersebut akan merilis sebuah ponsel dengan layar fleksibel tahun ini. Namun dirinya tidak mengonfirmasi apakah ponsel yang akan datang tersebut adalah ponsel yang dapat dilipat atau digulung.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.