Twitter: Kami Akan Memblokir Akun Trump Jika Ia Melanggar Aturan Lagi

Teknologi Jan 07, 2021

Masih berhubungan dengan kondisi kerusuhan yang tengah terjadi di Amerika Serikat mengenai pengumuman hasil suara elektoral pemilu AS, berita kali ini datang dari Twitter.

Dalam rangkaian twit di akun Twitter Safety (@TwitterSafety), Twitter kini tengah memberlakukan sanksi 12 jam untuk akun resmi milik presiden AS Donald Trump pasca twitnya terkait kerusuhan di Gedung Capitol dihapus oleh pihak Twitter.

Twitter menyebutkan bahwa twit dari orang nomor satu di Amerika Serikat tersebut telah melanggar kebijakan Integritas Sipil milik Twitter.

Akibat dari sanksi tersebut, Trump tidak dapat menggunakan Twitter sama sekali untuk 12 jam sejak sanksi tersebut diberlakukan.

Twitter juga menyebutkan dalam rangkaian twit tersebut bahwa akun milik Donald Trump akan diblokir secara permanen jika Trump terus melanggar aturan dari Twitter.

Tidak Hanya Twitter

Tidak hanya Twitter saja yang turut berperan akan hal ini, karena Facebook dan YouTube juga ikut bertindak.

Trump juga memposting sebuah video terkait kerusuhan hari ini. Dikutip dari laman The Verge, dalam video tersebut Trump masih belum menerima kekalahannya dalam pemilu AS 2020.

"Kita baru saja mengalami (kemenangan) pemilu yang dicuri dari kita...", klaim Trump. "Kita semua tau bahwa kita memenangkan pemilu ini dengan telak, terutama sisi lain." lanjutnya dalam video tersebut.

Trump sendiri menginstruksikan para pengunjuk rasa untuk pulang ke rumah, meski tidak sepenuhnya meminta mereka untuk berhenti berbuat kerusuhan.

Akibat dari pesan dalam video tersebut, Twitter, Facebook, dan YouTube menghapus video itu dari platform mereka.

VP of Integrity Facebook, Guy Rosen mengatakan dalam twitnya bahwa situasi saat ini adalah keadaan genting dan video tersebut tidak mengurangi risiko kekerasan yang sedang berlangsung.

YouTube sendiri juga mengatakan bahwa mereka akan membiarkan video yang dimaksud tetap dapat dilihat selama video tersebut digunakan untuk konten berita dan dengan konteks informasional dan edukasional.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.