Windows 10 "Sun Valley" Bakal Rombak Tampilan Windows Jadi Lebih Konsisten!

Teknologi 11 Jan 2021

Setelah beberapa waktu lalu Panos Panay menduduki jabatan Chief Product Officer di Microsoft, akhirnya pengembangan Windows mulai kembali digalakkan.

Windows 10 kembali menjadi fokus utama Microsoft setelah pandemi COVID-19 mengakibatkan naiknya penggunaan PC saat ini.

Seperti yang diketahui, tampilan dari Windows 10 saat ini kurang konsisten. Ada banyak elemen antarmuka pengguna yang masih bergaya jadul, dan ada yang sudah mengikuti Fluent Design (Bahasa Desain Microsoft) yang juga tidak konsisten.

Diperparah lagi, tampilan macOS Big Sur yang serba baru mulai dipuja oleh banyak orang. Tampilan dengan sudut serba melengkung yang diusung oleh macOS berbanding terbalik dengan tampilan Windows 10. Hal ini yang nampaknya akan diubah oleh Microsoft kedepannya.

Akhirnya Diperbarui

Pembaruan Windows 10 yang akan diluncurkan pertengahan tahun ini diberi kode nama 21H1, yang hanya memberikan tambahan fitur kecil dan perbaikan lainnya. Jadi tidak ada perbedaan berarti dari versi sebelumnya.

Namun kabar baiknya, Windows 10 akan segera memperbarui semua inkonsistensi tampilannya dalam pembaruan yang diberi kode nama "Sun Valley"

Dikutip dari BleepingComputer, dalam sebuah postingan lamaran pekerjaan internal, Microsoft ingin Windows "kembali ke kejayaannya".

Nantinya WIndows akan menggunakan WinUI, sebuah lapisan antarmuka pengguna yang didalamnya memuat elemen desain baru dari Fluent Design.

Dengan komponen baru ini, Microsoft rencananya akan kembali menggunakan desain jendela aplikasi layaknya Windows 7 yang memiliki sudut melengkung. Selain itu, animasi yang digunakan akan lebih konsisten di semua tipe aplikasi.

Ini akan memungkinkan Microsoft untuk memperbarui tampilan aplikasi Win32 seperti File Explorer agar lebih modern dan konsisten.

Uji Coba Desain Baru

Microsoft sendiri mengonfirmasi dalam GitHub mereka bahwa mereka sedang mengeksplorasi desain baru untuk beberapa komponen aplikasi.

Microsoft mengungkapkan bahwa mereka ingin menciptakan pengalaman pengguna yang serupa seperti platform lain namun tetap familiar di Windows.

Komponen yang akan didesain ulang diantaranya seperti tombol switch dan rating
Beberapa komponen lain yang akan didesain ulang

Kemungkinan Windows 10 "Sun Valley" akan dijumpai di versi RTM (Release to Manufacture) pada bulan Juni 2021, namun pembaruannya tidak akan diluncurkan hingga bulan Oktober tahun ini.

Pembaruan ini nantinya juga akan dijumpai di Windows 10X, versi Windows 10 versi modular yang lebih ringan dan ditujukan sebagai pesaing Chromebook.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.