Bangsa Arab Ukir Sejarah, Pesawat Antariksa UEA Berhasil Mencapai Mars

Teknologi 10 Feb 2021

Sebelumnya pada 19 Juli 2020 lalu, Uni Emirat Arab telah berhasil meluncurkan pesawat antariksa mereka, Al-Amal atau Hope dengan tujuan Planet Mars. Dan kini, wahana antariksa yang diluncurkan melalui Tanegashima Space Center Jepang tersebut telah tiba di orbit planet merah itu pada Selasa malam (9/2).

Dilansir dari Suara dan Republika, dengan keberhasilan tersebut maka Uni Emirat Arab mencatat rekor sejarah sebagai negara kelima di dunia yang berhasil mendatangi Planet Mars setelah Amerika Serikat, Uni Soviet, Eropa, dan India.

“Misi sudah rampung,” cuit Wakil Presiden Uni Emirat Arab sekaligus pemimpin Dubai, Mohammed bin Rashid Al Maktoum via Twitter dengan poster Planet Mars, gambar satelit Al-Amal, dan tulisan “Arab di Mars”.

Al-Amal sendiri telah berhasil mencapai orbit Mars setelah menempuh perjalanan selama 7 bulan dan menempuh jarak sekitar 494 juta km.

Akan Menjalankan Beberapa Misi

Wakil Kepala Sains Msi Hope di Laboratorium Fisika dan Atmosfer Colorado, David Brain mengatakan bahwa misi Mars Emirates sendiri akan menempatkan instrument sains ke orbit baru untuk menyelidiki atmosfer planet merah tersebut. Selain itu Brain juga menjelaskan 3 aspek penelitian sains yang penting dalam misi tersebut.

Yang pertama, orbit ketinggian yang jauh lebih tinggi dari kebanyakan misi Mars yang lain akan memungkinkan instrument dapat mengamati Mars dari perspektif global. Kedua, misi ini akan memiliki orbit yang seperti bulan di sekitar planet, tidak seperti pesawat luar angkasa lainnya. Sementara yang ketiga adalah elips, dimana terkadang pesawat luar angkasa bisa dekat ataupun jauh dari planet. Pesawat itu sendiri dapat melayang di atas satu wilayah geografis seperti Gunung Olympus Mons dan mempelajari atmosfernya berkali-kali dalam sehari.

Sementara itu, dalam waktu yang sedikit berbeda, Amerika Serikat dan China juga telah meluncurkan misi Mars mereka dengan nama Perseverance Rover NASA dan Tianwen 1. Tianwen 1 sendiri dijadwalkan akan tiba pada hari Rabu dan akan menjadikan China sebagai negara keenam yang berhasil mencapai planet merah.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.