Jeff Bezos Undur Diri dari Jabatan CEO Amazon Setelah 26 Tahun Menjabat

Teknologi 3 Feb 2021

Pendiri raksasa internet Amazon dan salah satu orang terkaya di dunia, Jeff Bezos menyatakan bahwa dirinya akan segera mundur dari jabatan CEO. Jeff Bezos telah menjadi CEO dari Amazon sejak pendiriannya di 1995.

Hal ini disampaikan oleh dirinya dalam surat kepada karyawan bertepatan dengan laporan kuartal keempat keuangan Amazon dipublikasikan.

Dalam surat tersebut, Bezos menyampaikan bahwa dirinya akan menempati jabatan Executive Chairman setelah dirinya mundur di kuartal ketiga tahun ini.

"Petualangan ini bermula sekitar 27 tahun yang lalu, di mana Amazon hanyalah sebuah ide, dan tidak memiliki nama"

Bezos mengatakan bahwa dirinya akan terus aktif di Amazon selama transisi ini. Dirinya juga mengatakan bahwa nantinya Bezos akan terus mengawal kegiatan Amazon dan semua kegiatan organisasi lain miliknya seperti Day 1 Fund, the Bezos Earth Fund, Blue Origin, The Washington Post, dan lainnya.

Nantinya jabatan Bezos akan diisi oleh Andy Jessy yang saat ini memimpin Amazon Web Services, salah satu unit usaha Amazon yang paling sukses. Andy sendiri telah mengabdi di Amazon sejak 1997.

Amazon Cuan di Saat Pandemi

Selama masa Pandemi COVID-19, keuntungan Amazon meningkat pesat seiring naiknya intensitas belanja online dan naiknya jumlah penyewa server AWS.

Dilansir dari CNN Business, Amazon membukukan penjualan bersih kuartalan sebesar $125,6 miliar, naik 44% dari periode yang sama di tahun sebelumnya dan jauh di atas proyeksi analis Wall Street senilai $119,7 miliar.

Pendapatan bersih Amazon pada kuartal ini mencapai $7,2 miliar - hampir dua kali lipat dari prediksi Wall Street sebesar $3,7 miliar dan lebih dari dua kali lipat pendapatan yang diperoleh perusahaan pada kuartal tahun lalu.

Amazon Web Services sendiri menyumbang keuntungan luar biasa dari seluruh unit usaha Amazon saat ini. Pendapatan dari Amazon Web Services tumbuh 28% dari kuartal tahun sebelumnya menjadi lebih dari $ 12,7 miliar.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.