Mulai Hari Ini, MANGA Plus Sediakan Manga dalam Bahasa Indonesia

Pop Kultur 1 Feb 2021

Awal bulan Februari ini, ada pengumuman yang menggembirakan di mana salah satu platform baca manga legal besutan Shueisha, MANGA Plus mulai menerbitkan sejumlah judul dalam Bahasa Indonesia.

Judul-judul beken seperti One Piece dan Black Clover hadir dalam Bahasa Indonesia, dan diterbitkan di hari yang sama seperti yang di Jepang. Ada juga Monster #8 dan SPYxFAMILY yang juga terbit dalam Bahasa Indonesia.

Untuk dapat mengakses manga berbahasa Indonesia, di halaman pemilihan bahasa, terlebih dahulu pilih bahasa Inggris. Nantinya, akan muncul thumbnail dari 4 judul yang sudah disebutkan di atas, dengan bendera merah putih di bagian pojok kanan atas. Ini menandakan bahwa judul tersebut tersedia dalam Bahasa Indonesia.

Dengan ini, maka Bahasa Indonesia jadi bahasa ke-4 setelah Inggris, Spanyol, dan Thai yang masuk ke dalam platform manga daring ini.

Pada saat perilisan resminya pada 28 Januari 2019 lalu, Bahasa Inggris jadi satu-satunya bahasa tampilan dan isi manga di platform ini. Versi Bahasa Spanyol baru diresmikan pada 20 Mei 2019, disusul Bahasa Thai yang meluncur pada Desember 2019 lalu. Ini jadi langkah pertama MANGA Plus masuk ke pasar Asia Tenggara.

MANGA Plus tersedia untuk platform Android, iOS, dan juga web.

Banyak pecinta manga terbitan Shueisha, terutama Shonen Jump yang antusias dengan langkah ini, meskipun masih terbatas dari segi jumlah judul dan bab. Diharapkan kedepannya jumlah judul akan terus bertambah.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.