Neuralink Berhasil Tanam Chip ke Otak Monyet, Bisa Main Game dengan Pikirannya

Teknologi 3 Feb 2021

Neuralink, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang antarmuka manusia dan komputer milik Elon Musk baru saja melakukan percobaan sukses.

Dari sebuah wawancara, Elon Musk mengungkapkan bahwa perusahaannya berhasil menanamkan sebuah chip ke dalam otak monyet. Chip tersebut memungkinkan monyet tersebut bermain video game dengan pikirannya.

"Kami sudah punya monyet dengan implan nirkabel di tengkorak mereka, dan kabel kecil, yang bisa bermain video game menggunakan pikirannya," kata Musk dalam wawancara tersebut.

Simak wawancara selengkapnya dalam video ini.

Dilansir dari Business Insider, Neuralink sendiri telah menguji antarmuka saraf pada hewan selama bertahun-tahun. Dalam sebuah video yang dirilis tahun lalu, Neuralink mendemonstrasikan hasil penelitiannya pada seekor babi bernama Gertrude.

Dalam video tersebut, Neuralink mendemonstrasikan kemampuan mereka untuk merekam dan memprediksi tindakan berdasarkan chip berkabel yang ditanamkan di otak Gertrude.

Tetapi menurut Musk, berbeda dengan babi tersebut, monyet yang kini dapat bermain video game itu ditanamkan dengan chip nirkabel yang memungkinkannya untuk mengontrol antarmuka elektronik hanya dengan pikirannya.

"Dia (si monyet) tidak merasa tidak nyaman dan tidak terlihat aneh," kata Musk, "Anda bahkan tidak bisa melihat ke mana implan saraf itu masuk."

Dengan gebrakan ini, hewan yang dijadikan sarana pengujian tidak terlalu tersakiti dengan tidak adanya kabel yang mungkin membuat infeksi dalam tubuh hewan.

Harapan kedepannya monyet tersebut dapat bermain video game "Pong" (sejenis permainan ping-pong virtual) dengan sesama monyet lainnya dengan hanya menggunakan pikiran mereka.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.