NTV7 Rebranding Menjadi Didik TV KPM, Tayangkan Konten Pendidikan

Media Feb 17, 2021

Kabar terbaru dari dunia penyiaran negeri jiran, Malaysia. Kementerian Pendidikan Malaysia (KPM) akan meluncurkan sebuah saluran televisi yang ditujukan untuk tayangan pendidikan, yang dinamai Didik TV KPM.

Akan Menggunakan Slot Siaran NTV7

Didik TV KPM sendiri merupakan saluran pendidikan yang digagas oleh KPM untuk membantu para pelajar di Malaysia dalam melaksanakan pembelajaran yang dilakukan secara daring karena pandemi virus COVUD-19.

Rencananya, Didik TV KPM sendiri akan bersiaran di slot kanal NTV7, yang merupakan salah satu stasiun televisi milik Media Prima, grup konglomerat media di Malaysia.

Akan Diresmikan Oleh Perdana Menteri

Didik TV KPM dijadwalkan akan perdana bersiaran mulai Rabu (17/02/2020) tepat pukul 08.00 waktu setempat atau pukul 07.00 WIB. Rencananya Perdana Menteri Malaysia, Tan Sri Muhyiddin Yassin, akan meresmikan saluran ini.

Didik TV akan bersiaran selama 17 jam mulai pukul 07.00-00.00 waktu setempat. Mayoritas konten nantinya akan diisi oleh konten-konten berbasis pendidikan.

Kementerian tersebut juga menambahkan, sebagaimana laporan The Star, kanal ini akan menyiarkan program-program khusus yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku, ditambah program-program asing yang akan menjadi 'pelengkap'nya.

Mengapa Didik TV KPM Hadir?

Berdasarkan laporan Bernama, kehadiran Didik TV adalah sebagai usaha Kemendik Malaysia untuk meningkatkan akses pendidikan berkualitas di seluruh Malaysia.

Selain itu, Didik TV juga hadir dalam rangka mendukung program pemerintah yakni Belajar dari Rumah, yang juga berkaitan dengan pandemi COVID-19.

Kepemilikan Stasiun TV Tidak Berubah, Tetap Milik MPB

Tidak ada perubahan kepemilikan saluran televisi Natseven TV Sdn Bhd (NTV7) di bawah Jaringan Televisi Media Prima menyusul peluncuran DidikTV Kementerian Pendidikan Malaysia (DidikTV KPM) besok.

Media Prima Berhad (MPB) dalam keterangannya Selasa (16/02/2020) semalam juga menjelaskan bahwa NTV7 juga tidak berhenti beroperasi sesuai dengan persepsi dan dugaan beberapa pihak.

Sebelum Itu, Mari 'Mengenang' NTV7 Dahulu

Dalam sejarahnya, NTV7 diresmikan di Malaysia pada 1998 lalu, sebelum diakuisisi oleh Media Prima Berhad pada 2005, bersamaan dengan TV3, 8TV, dan TV9. Kanal ini sebelumnya berorientasi pada hiburan dan bersiaran dalam 3 bahasa, yakni Melayu, Inggris, dan Mandarin.

Dalam empat tahun terakhir ini, NTV7 berfungsi sebagai saluran televisi belanja dengan beberapa konten yang memaksanya untuk 'merubah' jadwal jadwalnya. Sejak pandemi COVID-19, konten siaran NTV7 dari pukul 09.00 hingga tengah hari waktu setempat, program pendidikan Didik TV ditayangkan.

Dimana Agar Bisa Menonton Didik TV?

Didik TV KPM sendiri bisa disaksikan di Malaysia melalui kanal 107 di MyTV, 147 di Astro, dan NTV7 di TV Unifi.

Tag

Andhika Rizky Reihansyah

Broadcasting, Tech and Design Geek

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.