Siap-siap Ditegur, Polisi Virtual Indonesia Resmi Patroli Mulai Hari Ini

Teknologi 25 Feb 2021

Polisi Virtual Indonesia atau Virtual Police yang dibentuk Korps Bhayangkara telah resmi beropersi. Unit gagasan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa lembaga ini dibentuk untuk mencegah tindak pidana Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik atau UU ITE.

Dilansir dari CNN Indonesia dan Tribunnews, Kadiv Humas Polri, Irjen (Pol) Argo Yuwono menjelaskan bahwa kehadiran polisi di ruang digital itu merupakan bentuk pemeliharaan Kamtibmas agar dunia siber dapat bergerak dengan bersih, sehat, dan produktif.

“Melalui Virtual Police, kepolisian memberikan edukasi dan pemberitahuan bahwa apa yang ditulis ada melanggar pidana, mohon jangan ditulis kembali dan dihapus.” Ujar Argo kepada wartawan di Mabes Polri pada Rabu (24/2).

Argo juga menekankan, petugas-petugas tersebut nantinya bakal memberikan edukasi terkait konten yang disebarkan oleh pihak-pihak tertentu apabila berpotensi melanggar tindak pidana.

Cara Kerja Polisi Virtual

Kadiv Humas Polri Irjen (Pol) Argo Yuwono juga menyebut bahwa saat ini sudah ada 3 akun pengguna di media sosial yng mendapat surat pemberitahuan atau teguran langsung dari Polri. Beliau mengatakan, salah satu akun yang ditegur Polri membuat dan mengunggah gambar beserta tulisan “jangan lupa saya maling”.

Polri lalu menemukan unggahan yang berpotensi melanggar UU ITE tersebut dan meminta pendapat ahli seperti ahli pidana, ahli bahasa, dan ahli ITE. Kemudian unggahan tersebut diserahkan kepada Direktur Tindak Pidana Siber atau pejabat yang ditunjuk.

Setelah proses itu selesai, barulah Polri mengirimkan surat terbuka via japri pada si pelanggar tadi dengan pesan berikut:

Virtual Police Alert. Peringatan 1. Konten Twitter Anda yang diunggah 21 Februari 2021 pukul 15.15 WIB berpotensi pidana ujaran kebencian”.

Argo berharap hadirnya polisi virtual ini dapat mengurangi konten-konten hoaks di media sosial. Selain itu, ini juga merupakan upaya agar masyarakat lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakan media sosial.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.