Steam Resmi Hadir di China, Namun Beberapa Game Terancam “Hilang”?

Gaming 9 Feb 2021

Tiga tahun semenjak pengumuman awal Valve tentang kemitraan dengan pengembang MMO asal China Perfect World,  akhirnya mereka akan merilis Steam versi beta di negeri tirai bambu tersebut pada bulan depan. Namun dikarenakan Steam Global yang telah hadir di negara itu sebelumnya masih ilegal, ada kekhawatiran beberapa lisensi game yang telah dibeli dan dimainkan akan hilang pasca transisi ini.

Dilansir dari IGN dan The Verge, menurut analis Niko Partners Daniel Ahmad via Twitternya, kedua perusahaan telah mengumumkan untuk meluncurkan Steam China versi beta pada 9 Februari ini, namun masih hanya mencakup 2 game, yakni DOTA 2 dan Counter Strike: Global Offensife. Ahmad juga menyatakan bahwa sekitar 30 game direncanakan akan dirilis dalam waktu dekat.

Pemain China dapat mendaftar ke Steam China menggunakan akun baru ataupun akun lama Steam Global mereka. Namun jika mereka mendaftarkan via akun lama, maka game yang tersedia hanyalah game yang memiliki lisensi saja di China, atau dalam hal ini hanya DOTA 2 dan Counter-Strike: Global Offensife saja.

Jalan Terjal Kehadiran Steam di China

Steam Global sebenarnya telah hadir di China sejak lama. Namun karena versi tersebut masih ilegal dan belum mendapatkan izin resmi dari pemerintah setempat maka muncul kekhawatiran akan nasib beberapa game yang terancam hilang akibat tidak memiliki lisensi.

beredar di negaranya, termasuk mematuhi nilai-nilai sosial China, menghindari “representasi yang keliru” tentang sejarah, politik, maupun hukum, serta memiliki sistem anti perjudian dan kecanduan untuk membatasi jumlah waktu bermain dan uang yang dihabiskan oleh anak-anak dibawah umur.

Kekhawatiran tersebut makin memuncak setelah Pemerintah China pernah membekukan semua persetujuan lisensi game baru dan mengurangi jumlah total game yang disetujui untuk rilis di negara itu, meskipun aturan tersebut kemudian dicabut pada 2019. Hingga saat ini, Steam tercatat telah memiliki 30 juta pengguna dari China.

PlayStation 5 Juga akan Rilis di China

Sementara itu, Sony juga berencana untuk meluncurkan PlayStation 5 pada kuartal kedua 2021 di China. Ini akan menjadi sejarah dimana konsol versi mereka akan hadir secara resmi di negara tersebut. Hal itu dikarenakan pelarangan peredaran konsol modern mereka dari tahun 2000 hingga 2005. Adapun PlayStation 4, Xbox One, dan Nintendo Switch semuanya telah hadir, namun dalam versi China.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.