Tak Hanya Clubhouse, Berbagai Medsos Terancam Diblokir Kominfo Jika Tak Terdaftar Resmi

Teknologi Feb 19, 2021

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia mengatakan bahwa aplikasi obrolan berbasis suara Clubhouse belum terdaftar sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Indonesia. Kominfo juga mendorong pengembang dari aplikasi tersebut, Alpha Exploration Co. agar segera mendaftarkan diri.

Dilansir dari KataData dan Bisnis.com, Juru Bicara Kementerian Kominfo Dedy Permadi menjelaskan bahwa kewajiban pendaftaran platform digital tersebut didasari pada Peraturan Menkominfo Nomor 5 Tahun 2020. Perusahaan wajib mendaftar sebagai PSE yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan layanan komunikasi.

PSE itu juga termasuk platform pesan singkat, panggilan suara dan video, surat elektronik, maupun layanan jejaring dan media sosial. Adapun masa pendaftaran yakni enam bulan sejak aturan tersebut diundangkan pada 24 November 2020 lalu.

Jika aplikasi tersebut tidak didaftarkan, Kominfo berwenang untuk memutus aksesnya baik dengan memblokir maupun menghapus konten di aplikasi. Namun Dedy juga menjelaskan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir karena proses PSE telah, sedang, dan akan berjalan sampai batas waktu yang telah ditentukan.

Facebook dan Twitter juga Terancam Diblokir

Menanggapi hal itu, Ketua Bidang Startup Bisnis Indonesian Digital Empowering Community (IDIEC) James Fallahudin menilai rencana pemblokiran yang dilakukan oleh Kominfo terhadap Clubhouse tidak beralasan apabila hanya bersandar pada administratif saja. James juga menyatakan bahwa banyak aplikasi besar yang juga belum terdaftar sebagai PSE seperti Facebook dan Twitter.

β€œPadahal harusnya mengejar yang besar-besar, yang sudah jelas mengeruk untung dari rakyat, membebani penyedia infrastruktur telekomunikasi dan sulit untuk ditarik pajaknya.” Ungkap James via Bisnis.com pada hari Jumat (19/2).

James juga menambahkan bahwa aplikasi Clubhouse sendiri masih menggunakan sistem beta, dimana produksi belum dilakukan sehingga mungkin belum ada rencana untuk meraup keuntungan. Oleh karenanya, menurut James apabila Clubhouse dipermasalahkan karena administratif seharusnya lebih banyak lagi perusahaan yang dipermasalahkan karena hal serupa.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.