Tak Lagi Berponi, OnePlus akan Tanam Kamera Depan di Bezel?

Teknologi 11 Feb 2021

OnePlus tengah mempertimbangkan soal letak baru kamera depan yang mereka produksi. Mereka disebut-sebut tak lagi menggunakan desain punch hole atau poni yang terasa "menghalangi" layar. Solusi yang mereka pilih bukanlah mekanisme kamera pop-up, namun mereka akan menanam kamera tersebut pada bezel ponsel.

Jika dilihat sekilas, bezel tersebut terlalu tipis untuk dipasang kamera, berbeda dengan ponsel era 2015 ke bawah. Ya, sebagaimana orang dulu bilang, kalau belum dicoba belum tahu, kan?

Sebuah bocoran didapat dari Let's Go Digital, di mana mereka mendapat sebuah dokumen 23 lembar yang berisi paten yang dilayangkan OnePlus kepada World Intellectual Property Office (WIPO). Dokumen tersebut sebagaimana yang dikutip dari Android Authority, berisi deskripsi konsep ponsel OnePlus dengan layar OLED. Sebuah titik kecil kamera ditanam di bagian atas layar, yang dilindungi lembaran transparan.

Paten ini mendeskripsikan bahwa desain layar ini memiliki rasio layar ke bodi yang tinggi, biaya produksi rendah, dan kepercayaan pada produk tinggi.

Gambaran kamera depan pada bezel yang tipis (Sumber: Let's Go Digital)

Di saat yang sama, ponsel dengan kamera yang berada di bawah layar tengah hangat diperbincangkan. Contohnya, ZTE yang akan meluncurkan Axon 30 Pro, penerus Axon 20 5G yang punya konsep serupa. Namun, kamera jenis ini memiliki sejumlah catatan, seperti kualitas kamera yang belum terbilang bagus.

Meskipun baru sebatas paten, OnePlus tampaknya memberi solusi efektif supaya layar tidak terkesan terganggu oleh kamera depan. Belum diketahui kapan OnePlus benar-benar akan memproduksi ponsel dengan konsep kamera ini, karena produk terbaru OnePlus yang bocor, yakni OnePlus 9 Series masih akan menggunakan layar punch hole.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.