Anggota Parlemen Chile yang Viral karena “Naruto Run” Puncaki Survey Calon Presiden

Pop Kultur 24 Mar 2021

Jurnalis Chile yang sekaligus menjadi anggota parlemen, Pamela Jiles baru-baru ini diketahui menduduki posisi puncak untuk survey calon Presiden Chile yang dilakukan oleh Pusat Strategis Amerika Latin untuk Geopolitik (CELAG). Sebelumnya politikus populis tersebut menjadi berita utama internasional pada bulan Juli lalu ketika dirinya melakukan “Naruto Run” dalam kongres untuk merayakan pengesahan tindakan bantuan darurat COVID-19 di Majelis Rendah Chile.

Dilansir dari Anime News Network, survey yang dilakukan melalui 2007 wawancara telepon dengan sistem CATI tersebut menempatkan Jiles pada posisi pertama sebagai calon Presiden Chile dengan perolehan suara 18%, disusul oleh Daniel Jadue dengan 16% suara, dan Joaquin Lavin dengan 13% suara. Sementara itu Presiden petahana Chile, Sebastian Pinera memiliki peringkat persetujuan negatif lebih dari 70%.

Menurut survey CELAG juga, setengah dari keluarga di Chile harus berhutang untuk dapat memenuhi kebutuhan pokok mereka karena kesulitan ekonomi yang disebabkan oleh COVID-19.

Jiles sendiri merupakan anggota koalisi partai sayap kiri Broad Front yang didirikan pada 2017. Kecintaannya pada anime adalah bagian dari platformnya. Dirinya juga dikenal sebagai “Hokage Chile”.

Lantas aksi dirinya melakukan "Naruto Run" dalam kongres parlemen bulan Juli tahun lalu berhasil menarik perhatian dunia. Berbagai meme dirinya yang sedang melakukan lari ninja itu pun bermunculan.

“Naruto Run” sendiri merupakan referensi untuk gaya lari dimana posisi tangan direntangkan di belakang punggung yang populer dalam serial manga karya Masashi Kishimoto, Naruto. Di Jepang sendiri gerakan ini dikenal sebagai lari ninja atau “Ninja Hashiri”. “Naruto Run” sendiri juga pernah populer dalam meme online “Storm Area 51”.

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.