[AutoTekno] Porsche Taycan Cross Turismo, Versi 'Estate Garuk Tanah' dari All-Electric Taycan

Teknologi 5 Mar 2021

Bagaimana jika anda menginginkan sebuah mobil listrik yang bisa 'main tanah' dan praktis tapi karena suatu alasan tidak menginginkan sebuah SUV? Porsche memberikan solusinya dengan meluncurkan Taycan Cross Turismo pada Kamis kemarin (4/3).

Taycan tapi berbodi Estate

Dilansir dari Porsche, Taycan Cross Turismo merupakan versi produksi dari Porsche Mission E Cross Turismo Concept yang diperkenalkan di Geneva Motor Show 2018 silam. Berbasis dari Taycan Sport Saloon, Cross Turismo diberi atap yang lebih tinggi dan buritan yang lebih tegak sehingga memberi siluet layaknya estate.

Porsche AG

Tidak hanya itu, Taycan Cross Turismo juga diberikan cladding plastik hitam di overfender, overhang, dan sekujur bumper untuk memberi kesan tangguh, sekaligus Cross Turismo juga memiliki ground clearance 20mm lebih tinggi dari Taycan Sport Saloon.

Bisa Diajak 'Main Tanah'

Porsche benar-benar ingin mengajak pengguna Cross Turismo untuk menikmati outdoor lifestyle, oleh karena itu Taycan Cross Turismo dapat dilengkapi dengan opsi Off-Road Package, yang mana diberikan ground clearance 30mm lebih tinggi dari Taycan Sport Saloon.

Porsche AG

Tidak hanya itu, Off-Road Package juga memberikan Gravel driving mode yang akan mengubah settingan suspensi, sasis, dan respon motor listrik untuk menyesuaikan diri dengan jalan tanah.

Berbagi Spesifikasi Dengan Taycan

Berbagi MSB J1 Platform dengan Taycan Sport Saloon, Cross Turismo memiliki spesifikasi yang sama namun hanya tersedia dalam konfigurasi dua motor listrik, dan semua varian dilengkapi baterai berkapasitas 93,4kWh.

Porsche AG

Secara keseluruhan Taycan Cross Turismo terbagi dalam 4 trim varian dimulai dari Taycan 4 dengan tenaga 375hp ditambah overboost mencapai 469hp, akselerasi 0-100kpj dalam 5,1 detik, dan jarak tempuh antara 389-456km. Lalu ada Taycan 4S dengan tenaga 482hp ditambah overboost mencapai 562hp, akselerasi 0-100kpj dalam 4,1 detik, dan jarak tempuhnya antara 388-452km.

Pilihan selanjutnya adalah Taycan Turbo dengan tenaga 616hp ditambah overboost mencapai 670hp, akselerasi 0-100kpj dalam 3,3 detik, dan jarak tempuh antara 392-452km. Lalu varian tertingginya, Taycan Turbo S dengan tenaga sama dengan Turbo namun dengan overboost mencapai 750hp, akselerasi 0-100kpj dalam 2,9 detik, dan jarak tempuh antara 388-419km.

Pengiriman pertama dari Taycan Cross Turismo akan dilakukan pada Musim Semi ini dengan harga mulai 93.635 Euro (1,6 Miliar Rupiah).

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.