Beberapa Lagu K-Pop Menghilang di Spotify, K-Popers Geram

Teknologi 1 Mar 2021

Saat ini, netizen yang sekaligus K-Popers mengadakan sebuah protes di media sosial. Apa yang sebenarnya terjadi?

Dilansir dari Kpop Chart, seluruh permasalahan ini berawal dari menghilangnya sejumlah lagu-lagu Kpop di dalam platform streaming musik Spotify. Lagu dari berbagai artis Kpop ini tergabung dalam satu kanal yaitu Kakao M yang sekaligus memiliki akuisisi penuh terhadap platform streaming musik lain yaitu Melon.

Sejak Spotify meluncurkan platform mereka di Korea Selatan, Kakao M dikabarkan telah menarik lisensi lagu-lagu mereka yang ada di Spotify Korea, agar lagu-lagu mereka hanya tersedia di platform streaming Melon.

Trending Twitter tentang hilangnya lagu-lagu Kpop

Berita inipun sontak memicu pertikaian dalam sosial media yang salah satunya adalah Twitter. Para K-Popers yang sudah geram menuntut kedua belah pihak baik Kakao M maupun Spotify.

Kakao M telah menaungi single dari banyak artis K-Pop, dan berikut ini adalah contoh kecil dari sekian banyak artis yang tergabung dalam distributor Kakao M:

  1. IU
  2. MAMAMOO
  3. SEVENTEEN
  4. LOONA
  5. MONSTA X
  6. GFRIEND
  7. The Boyz, Sunmi
  8. (G)I-DLE
  9. BtoB
  10. Apink
  11. P1Harmony
  12. DreamCatcher
  13. Epik High
  14. SISTAR
  15. CRAVITY
  16. WJSN
  17. Secret Number

Penyebab Masalah

Salah satu penyebab pasti dari menghilangnya banyak lagu ini adalah adanya perselisihan antara Kakao M dengan Spotify. Tablo yang merupakan salah satu personel dari Epik High kemudian menuliskan sebuah cuitan di Twitter yang berbunyi berikut ini.

“Rupanya ada ketidaksepakatan antara distributor kami Kakao M dan Spotify, sehingga membuat album baru kami ‘Epik High Is Here’ tidak tersedia secara global dan bertentangan dengan keinginan kami. Terlepas dari siapa yang salah, mengapa selalu artis dan penggemarnya yang menderita ketika bisnis lebih mengutamakan keserakahan daripada seni?”

Tag

Yoan Fernanda

Seorang penggemar Pop Culture, baik Western, Korea, maupun Jepang. Dan seorang Petrolhead, fans berat Subaru #FL4TISJUSTICE

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.